nusabali

Purnaminingsih Sebut Pencopotan Tak Sesuai Hati Nurani

Dilengserkan Mendadak dari Kursi Jabatan Ketua DPC Hanura Karangasem

  • www.nusabali.com-purnaminingsih-sebut-pencopotan-tak-sesuai-hati-nurani

AMLAPURA, NusaBali
Di tengah persiapan Pilkada Karangasem 2020, tampuk kepemimpinan DPC Hanura Karangasem tiba-tiba beralih dari Ni Luh Purnaminingsih, 42, ke tangan I Made Arnawa.

Luh Purnaminingsih mengaku kaget sekaligus kecewa, karena dicopot mendadak dari jabatan Ketua DPC Hanura Karangasem 2015-2020, tanpa melalui adanya kompromi terlebih dulu. Pencopotan ini tidak sesuai dengan hati nurani yang disandang Hanura.

Naiknya I Made Arnawa sebagai Ketua DPC DPC Hanura Karangasem 2020-2025 menggantikan Luh Purnaminingsih dituangkan dalam Surat Keputusan DPP Hanura Nomor 094/B-2/DPP-Hanura/VII/2020 tertanggal 27 Juli 2020, yang ditandatangani Ketua Umum DPP Hanura Dr Oesman Sapta dan Sekjen DPP Hanura, Gede Pasek Suardika SH MH. Berdasarkan surat tersebut, Purnaminingsih dialihkan menjadi Wakil Ketua DPD Hanura Bali.

Menurut Purnaminingsih, pencopotan dirinya sebagai Ketua DPC Hanura Karangasem tidak sesuai dengan hati nurani. "Pencopotan saya ini benar-benar tidak sesuai hati nurani, tidak sesuai dengan namanya Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)," keluh Purnaminingsih kepada NusaBali di Amlapura, Rabu (5/8).

Purnaminingsih menyebutkan, rohnya Partai Hanura saat ini tidak lagi seperti dulu. Partai Hanura tidak lagi mengedepankan hati nurani. Purnaminingsih pun mengisahkan lika-liku pencopotan dirinya dari kursi jabatan Ketua DPC Hanura Karangasem.

Disebutkan, Purnaminingsih awalnya diundang mengikuti rapat ke Kantor DPD Hanura Bali di Denpasar, 22 Juli 2020 lalu. Saat itu, kata dia, hanya dibicarakan adanya instruksi DPP Hanura soal persiapan menghadapi Pemilu 2024 mendatang, sehingga perlu dilakukan penyegaran pengurus.

Nah, untuk penyegaran (pergantian) pengurus DPC Hanura Karangasem, kata Pur-naminingsih, seharusnya digelar Musyawarah Cabang (Muscab), Agustus 2020 ini. Sebab, sebelumnya Purnaminingsir naik menjadi Ketua DPC Hanura Karangasem melalui Muscab, 25 April 2015, ketika terpilihmenggantikan I Made Ardana.

Ternyata, menurut Purnaminingsih, di luar dugaan per Selasa (4/8) muncul kabar mengejutkan bahwa jabatan Ketua DPC Hanura Karangasem sudah beralih ke tangan I Made Arnawa, tanpa melalui Muscab. Sesuai Surat Keputusan DPP Hanura Nomor 094/B-2/DPP-Hanura/VII/2020 tertanggal 27 Juli 2020, Purnaminingsih dialihkan menjadi Wakil Ketua DPD Hanura Bali. "Ya, sudahlah, saya males jadinya. Saya dijadikan Wakil Ketua DPD Hanura bidang apa, saya juga tidak tahu," sergah Srikandi Hanura kelahiran Banyuwangi, Jawa Timur, 17 September 1978, yang sempat menjadi anggota DPRD Karangasem 2009-2014 ini.

Terus terang, Purnaminingsih mengaku sangat kecewa atas keputusan pencopotan dirinya sebagai Ketua DPC Hanura Karangasem. Padahal, ibu tiga anak dari pernikahannya dengan I Nengah Nesa SE MM ini sejak awal berjuang membesarkan Partai Hanura di Karangasem.

Luh Purnaminingsih sendiri sempat lolos ke kursi DPRD Karangasem melalui Pileg 2009, berkat perjuangan kerasnya. Saat itu, Purnaminingsih sekaligus mencatat rekor sebagai satu-satunya Srikandi Hanura yang berhasil tembus kursi legislatif di Bali.

Sayangnya, Purnaminingsih yang berstatus incumbent justru gagal lolos ke DPRD Karangasem dalam Pileg 2014. Purnaminingsih yang maju sebagai caleg Hanura dari Dapil Kecamatan Abang, gagal lolos dengan raihan 1.650 suara, karena dikalahkan caleg Golkar Ida Ayu Sutejawati yang meraup 2.466 suara

Meski demikian, Purnaminingsih terus berjuang, hingga mampu menaikkan perolehan Partai Hanura menjadi 2 kursi DPRD Karangasem dalam Pileg 2014. Kemudian, di bawah kepemimpinannya selaku Ketua DPC Hanura, Purnaminingsih sukses mengantarkan partaiknya meraih 3 kursi DPRD Karangasem 2019-2024 melalui Pileg 2019.

Ketiga kursi legislatif dari Hanura tersebut masing-masing diduduki I Wayan Budi (Dapil Kecamatan Karangasem/2.913 suara), Ni Putu Sriani (Dapil Kecamatan Selat-Rendang-Sidemen/2.701 suara), dan I Komang Dwi Purna Adi Susila ( Dapil Kecamatan Abang/1.665 suara).

Purnaminingsih mengaku pasrah dan enggan bicara politik lagi, pasca dibnerangus dari kursi Ketua DPC Hanura Karangasem. Ke depan, Srikandi berusia 42 tahun ini mengaku akan lebih fokus mengurus usaha dan keluarga. Masalahnya, dia sudah telanjur kecewa dengan pencopotan jabatan ini. "Saya dicopot tanpa ada masalah," katanya. *k16

Komentar