nusabali

Webiner, Bupati Suwirta Paparkan Pelabuhan Segitiga Emas

  • www.nusabali.com-webiner-bupati-suwirta-paparkan-pelabuhan-segitiga-emas

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menjadi narasumber webinar (web seminar) tentang Pembangunan Pelabuhan Segitiga Emas, dari ruang kerja Kantor Bupati Klungkung, Selasa (4/8).

Bupati memaparkan rencana awal proses pembangunan hingga pelabuhan ini mulai digarap sebagaimana keinginan masyarakat Klungkung, khususnya Nusa Penida.

Selama ini, Bupati mengakui masyarakat sangat menantikan realisasi pembangunan Pelabuhan Segitiga Emas itu. "Karena pelabuhan ini nantinya bisa membawa dampak luas bagi perkembangan pembangunan di wilayah kepulauan Nusa Penida," ujar Bupati Suwirta.

Jelas bupati, pembangunan pelabuhan tersebut sudah direncanakan sejak tahun 2018, dan hampir dipastikan akan direalisasikan tahun ini. Persyaratan-persyaratan seperti aset dan akses jalan, sudah disiapkan oleh Pemkab Klungkung. Dua pelabuhan akan dibangun dengan dana dari Pusat yakni Pelabuhan Sampalan di Nusa Gede (Nusa Penida) dan Pelabuhan Bias Munjul di Nusa Ceningan," ujar Bupati Suwirta.

Anggaran kedua pelabuhan tersebut sekitar Rp 190 miliar dengan sistem multiyears atau tahun anggaran 2020 dan  2021. “Untuk aset tanah dan perencanaan kita di kabupaten dengan dukungan penuh Gubernur Bali dan dianggarkan kementerian. Untuk dana pembangunan pelabuhan Sampalan sebesar Rp 86 miliar dan pelabuhan Bias Munjul Rp 105 miliar,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati asal Nusa Ceningan, Klungkung ini menyampaikan terima kasih atas dukungan dan koordinasi Gubernur Bali Wayan Koster dengan Pemerintah Pusat. Dukungan ini amat penting untuk mewujudkan pembangunan dua pelabuhan penyeberangan di Nusa Penida. Bupati juga menyampaikan terimakasih kepada Menhub RI Budi Karya Sumadi yang telah memberikan perhatian khusus kepada Nusa Penida. Karena Menhub melihat segala potensi luar biasa di pulau ini. *wan

Komentar