nusabali

PSSI Diminta Terbuka

Soal Dua Kali Penundaan Latihan Timnas

  • www.nusabali.com-pssi-diminta-terbuka

JAKARTA, NusaBali
Sekretaris Kemenpora Gatot S. Dewa Broto meminta PSSI terbuka soal hasil swab test Timnas Indonesia.

Pernyataan itu menyusul dua Timnas, senior dan U-19,  belum kunjung memulai latihan di Stadion Madya, Jakarta, setelah tertunda dua kali pada 1 Agustus da 25 Juli.

Hal itu pun memunculkan pertanyaan besar tentang apa yang terjadi di dalam PSSI dan Timnas. Pasalnya, jika hanya menunggu hasil swab test sejatinya tidak perlu berhari-hari.

"Yang pertama PSSI melakukan swab kami hormati karena tak ada gunanya latihan jika kondisi fisik terganggu atau seandainya satu atau dua yang kena itu pasti terganggu. Jadi inisiatif PSSI swab test itu bagus, kami apresiasi," kata Gatot di Jakarta, Senin (3/8).

"Tetapi, yang namanya menunggu (hasilnya) tak terlalu lama. Di Kemenpora yang sempat swab massal, hanya dalam berapa jam, hasilnya sudah keluar. Jadi tidak perlu tunggu berhari-hari," kata Gatot S. Dewa Broto, kepada detikSport.

Sempat beredar kabar tiga pemain Timnas untuk pemusatan latihan reaktif Covid-19. Tapi kemudian PSSI membantahnya. Merespons itu, Gatot kembali menegaskan soal keterbukaan.

"Kami meminjam istilah dari WHO, bahwa mereka yang terkena COVID-19, adalah nista. Bukan, itu adalah orang yang perlu dikasihani. Makanya disampaikan saja daripada muncul curiga satu sama lain. Karena tidak ada keterbukaan jadi terdampak dan menjadi cluster baru.'

Gatot juga menilai tak ada persoalan lain yang signifikan sehingga mempengaruhi program pelatnas. Apalagi anggaran Timnas juga sudah diberikan.

"Justru kalau mundur-mundur kasihanilah Kemenpora dan PSSI. Auditor akan melihat juga pasti," kata Gaot S. Dewa Broto.

Sementara itu, Kepala Media PSSI, Eko Rahmawanto mengatakan Pelatnas terpaksa ditunda untuk kedua kalinya, karena masih menunggu hasil swab test.

Mulanya, TC Timnas Senior dan U-19 seharusnya digelar pada 25 Juli. Namun, pemusatan latihan diundur menjadi 1 Agustus 2020 lantaran hasil swab test pertama belum keluar.

Para pemain, staf pelatih, dan ofisial Timnas Senor serta U-19 kembali mengikuti swab test kedua pada 30 Juli 2020. Hasilnya belum keluar sampai saat ini. Praktis, pemusatan latihan kembali diundur. *

Komentar