nusabali

KKRYU Bali Gelar Pemantapan Wasit-Juri

  • www.nusabali.com-kkryu-bali-gelar-pemantapan-wasit-juri

DENPASAR, NusaBali
KKRYU Bali akan menggelar pelatihan wasit-juri KKI Bali tahap kedua di Wantilan Museum Pustaka Lontar, Desa Wisata Dukuh Penaban, Karangasem, Sabtu (22/8).

Pelatihan itu tindak lanjut sebelumnya, pada Minggu (15/3), di Dojo Tantular, Denpasar. Pelatihan tersebut nantinya dirangkai dengan touring dari Denpasar ke Karangasem, sekaligus perayaan hari jadi kelima KKRYU Bali pada Jumat (21/8).

"Wasit dan juri itu sebenarnya akan bertugas dalam Kejurda KKI Bali pada 11-12 April. Namun karena Covid-19, Kejurda ditunda, lalu diisi dengan peningkatan pemahaman wasit juri," kata Koordinator KKRYU Bali, Ida Bagus Putra Negarayana, Senin (3/8).

Menurut Ida Bagus Putra Negarayana, sampai saat ini Kejurda belum bisa dilakukan. Lalu sambil menunggu, katanya, dilakukan peningkatan wasit juri lebih dulu. Pelatihan pada Maret lalu dinilai belum cukup untuk bertugas memimpin pertandingan.

“Karena itu, 23 wasit juri itu kembali kami ingatkan lagi untuk menambah pengetahuan. Pemberi materi nanti Ketua Komisi Wasit KKI Bali Sensei I Nengah Sudana," kata kata pria yang juga dosen itu.

IB Putra Negarayana pun memastikan, lokasi pelatihan di ruang terbuka, dengan protokol kesehatan ketat. Seperti, pengecekan suhu tubuh, jaga jarak, tempat cuci tangan, dan pakai masker. Kalau dipaksakan di Dojo Tantular Denpasar, katanya,  jelas agak sulit dalam pengaturan jarak. Sehingga dipilih di tempat terbuka, sekaligus refreshing.

Pria yang juga owner dari Dojo Tantular Denpasar itu menegaskan, pelatihan kedua ini untuk memantapkan dan meningkatkan pengetahuan maupun wawasan, agar wasit dan juri siap menjalankan tugasnya.

Menurut Putra Negarayana, pihaknya tidak ingin ada wasit juri meraba-raba mengambil keputusan saat memimpin pertandingan. Makanya, praktek selaku wasit juri akan tetap diulang-ulang beberapa kali agar semakin terasah dalam memimpin pertandingan yang benar. Wasit juri juga harus tepat dan tegas dalam mengambil keputusan.*dek

loading...

Komentar