nusabali

Gubernur Koster Bereskan Biaya Renovasi Pura Dalem Setra Batununggul

Kemarin Cek Kerusakan Pura Dalem Desa Adat Dalem Setra Batunu-nggul, Nusa Penida yang Terbakar

  • www.nusabali.com-gubernur-koster-bereskan-biaya-renovasi-pura-dalem-setra-batununggul

Kebakaran hebat yang luluhlantakkan Pura Dalem Desa Adat Dalem Setra Batununggul, Desa Batununggul, Kecamatan Nusa Penida, 22 Juli 2020 lalu, timbulkan kerugian material Rp 3 miliar

SEMARAPURA, NusaBali
Pemprov Bali akan tangani renovasi Pura Dalem Desa Adat Dalem Setra Batununggul, Desa Batununggul, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung yang ludes terbakar, 22 Juli 2020 lalu. Gubernur Bali Wayan Koster dan Ketua DPRD Bali, Nyoman Adi Wiryatama, sepakat menganggarkan biaya renovasi Pura Dalem Setra yang berada di pesisir Pelabuhan Sampalan, Desa Batununggul ini melalui APBD Perubahan 2020.

Hal ini terungkap setelah Gubernur Koster mengecek kondisi Pura Dalem Setra Batununggul, usai mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam acara ground breaking Pelabuhan Sampalan di Banjar Sampalan, Desa Batununggul, Senin (3/8) siang. Gubernur Koster kemarin turun mengecek kondisi Pura Dalem Setra Batununggul bersama Ketua DPRD Bali Nyoman Adi Wiryatama, Ketua Fraksi PDIP DPRD Bali Dewa Made Mahayadnya alias Dewa Jack, dengan diantar langsung Bupati Klungkung Nyoman Suwirta.

Sebelum balik ke Denpasar dari Nusa Penida kemarin, Gubernur Koster yang masih mengenakan pakaian adat langsung meminta Bupati Suwirta untuk menjelaskan perihal musibah kebakaran Pura Dalem Setra Batununggul. Berdasarkan keterangan Bupati Suwirta, kerugian metarial akibat kebakaran Pura Dalem Setra mencapai tembus Rp 3 miliar.

Masalahnya, hampir semua palinggih hangus dalam musibah kebakaran yang dipicu aksi bakar rumput kering di sekitar Pura Dalem Setra Batununggul ini. Dari 9 palinggih (bangunan suci) di Utama Mandala Pura Dalem Setra Batununggul, hanya satu unit yang berhasil diselamatkan, yakni Palinggih Surya, yang berbahan batu padas. Sedangkan 5 palinggih beratap ijuk ludes terbakar, masing-masing Meru Tumpang Pitu (7 tingkat), Gedong Dalem, Bale Pengruman, Bale Sor, dan Bale Piasan.

Sementara 3 palinggih lainnya yang juga beratap ijuk, sengaja diturunkan bagian atasnya oleh krama setempat, supaya tidak ikut terbakar. Ketiga palinggih tersebut, masing-masing Gedong Sari, Manjangan Sluang, dan Masari Masatu.

"Hampir semua palinggih di pura ini ludes terbakar. Perkiraan kerigian mencapai 2-3 miliar," beber Bupati Suwirta. "Kami dari Pemkab Klungkung juga siapkan anggarannya, tapi masih kurang," lanjut Bupati asal kawasan seberang Banjar Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida ini.

Mendengar penjelasan Bupati Suwirta, Gubernur Koster tidak bicara banyak. "Sudah, nanti Pemprov Bali yang beresin. Nanti (biaya renovasi Pura Dalem Setra Batununggul, Red) pasang di Anggaran Perubahan saja," tandas Gubernur Koster yang juga Ketua DPD PDIP Bali. Gubernur Koster dan rombongan hanya sekitar 5 menit berada di Pura Dalem Setra Batununggul, sebelum kemudian balik ke Denpasar.

Sedangkan Ketua DPRD Bali, Nyoman Adi Wiryatama, mengatakan lembaga legislatif dengan kewenangannya membahas anggaran, siap memproses kalau ada pengajuan dari eksekutif terkait pembiayaan renovasi Pura Dalem Setra Batununggul. "Kami di DPRD Bali akan berproses sesuai dengan usulan eksekutif," jelas Adi Wiryatama.

"Apalagi ini untuk bangunan tempat suci pura yang kena musibah. Kita siap berproses dengan kewenangan dan mekanisme yang ada. Nanti kan eksekutif mengusulkan ke Dewan melalui APBD Perubahan 2020. Nanti Fraksi PDIP DPRD Bali juga akan kawal, Pak Gubernur ikut kawal," lanjut Adi Wiryatama, yang kemarin langsung berswafoto dengan Gubernur Koster dan Ketua Fraksi PDIP DPRD Bali, Dewa Jack, jelang meninggalkan Pelabuhan Sampalan.

Sementara itu, Bupati Suwirta yang dikonfirmasi NusaBali saat perjalanan penyeberangan di Pelabuhan Sampalan, Desa Batununggul, mengatakan Pemkab Klungkung siap membantu pangempon Pura Dalem Setra Batununggul dalam renovasi pura pasca terbakar, yang diperkirakan menelan anggaran hingga Rp 3 miliar. "Tapi, Pak Gubernur tadi menyampaikan Pemprov Bali nanti membereskan semuanya di Anggaran Perubahan," katanya.

Pura Dalem Setra Batununggul sendiri sebelumnya terbakar hebat, Rabu (22/7) siang pukul 11.20 Wita. Sumber api diduga dari pembakaran rumput kering yang dilakukan oleh seorang krama pada jarak sekitar 100 meter arah tenggara pura. Karena angin bertiup kencang, api menjalar ke mana-mana hingga membakar Pura Dalem Setra Batununggul. Walhasil, hampior semua dari 9 palinggih di utama ma-ndala hangus.

Kelian Pura Dalem Setra Batunggul, I Dewa Ketut Taya Negara, mengatakan pura yang ludes terbakar ini diempon oleh 576 kepala keluarga (KK) krama dari 5 banjar adat di Desa Adat Dalem Setra Batununggul. Kelima banjar tersebut, masing-masing Banjar Adat Mentigi, Banjar Adat Sampalam, Banjar Adat Gria Tengah, Banjar Adat Batununggul, dan Banjar Adat Tain Besi. *nat

loading...

Komentar