nusabali

Bali Destinasi Terbaik Dunia versi Tripadvisor

  • www.nusabali.com-bali-destinasi-terbaik-dunia-versi-tripadvisor

Terplihnya Bali oleh situs berpengaruh dunia di dunia kepariwisataan ini menjadi promo bagus bagi Bali dan Indonesia di masa tatanan kehidupan baru.

DENPASAR, NusaBali

Bali dinobatkan sebagai destinasi wisata terbaik dunia dari 25 destinasi terbaik menurut perusahaan perjalanan wisata daring Tripadvisor, dalam penghargaan Travellers Choice atau pilihan wisatawan untuk kategori Destinasi Terbaik Dunia, bersama London (Inggris), Paris (Prancis), dan Crete (Yunani).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio dalam keterangan resminya di Jakarta, Sabtu (1/8), menyambut baik ditetapkannya Bali sebagai salah satu destinasi terbaik dunia versi tripadvisor. “Kami berharap penetapan itu semakin memotivasi kita semua untuk bisa menumbuhkan Bali-Bali baru. Bahkan mendorong upaya untuk meningkatkan pariwisata Bali agar semakin ramah dan berkelanjutan,” katanya.

Situs travel planning and booking itu menobatkan Pulau Dewata dalam empat besar dunia destinasi wisata terbaik. Keindahan Bali dalam situs www.tripadvisor.com diibaratkan sebagai kartu pos yang hidup bahkan sepotong surga di Indonesia.

Bali menawarkan wisata pantai dengan pasir putih yang bersih, wisata selam termasuk bisa melihat bangkai kapal perang dunia II, wisata budaya, hingga wisata spa dan yoga di Ubud. Terlebih selama ini Bali sudah dikenal di dunia sebagai destinasi alam dan budaya yang banyak difavoritkan wisman.

Wisatawan pun bisa mulai bersiap untuk mengunjungi Bali karena di masa adaptasi kebiasaan baru, kata Wishnutama, dunia pariwisata Bali dibuka secara bertahap sejak 9 Juli 2020 untuk masyarakat lokal, 31 Juli 2020 untuk wisatawan Nusantara. Rencananya September 2020 akan dibuka bagi wisatawan mancanegara. “Diharapkan setelah dibuka, penerapan protokol kesehatan dapat tetap dijalankan dengan disiplin. Jangan sampai setelah dibuka timbul gelombang kedua Covid-19 hal itu yang harus dihindarkan, lantaran pariwisata itu adalah bisnis kepercayaan,” ujar Wishnutama.

Terpisah, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati atau Cok Ace mengapresiasi pengakuan internasional yang memilih Bali menjadi salah satu tujuan destinasi terbaik dunia sebagaimana dilakukan Tripadvisor. Penghargaan tersebut akan sangat berguna dan bermanfaat mempromosikan Bali dalam rangka memulihkan pariwisata Bali sendiri pasca Covid-19. “Kita sangat mengapresiasi di tengah situasi Covid-19 Bali masih dapat pengakuan dari internasional,” ujarnya Minggu (2/7).

Lanjut Cok Ace, pengakuan tersebut akan membantu memudahkan Bali memulai Tatatanan Kehidupan Bali Era Baru. Namun demikian, dia mengingatkan tentu juga harus waspada. Karena para kompetitor juga melakukan perbaikan dan penataaan pelayanan juga untuk  memulihkan kembali industri pariwisata mereka pasca Covid-19.

Karena itulah lanjut tokoh dari Puri Agung Ubud, Gianyar ini evaluasi-evaluasi akan terus dilakukan terhadap pelaksanaan dari rencana- rencana yang sudah dan akan dilakukan dalam upaya memulihkan pariwisata Bali. “Kita akan terus lihat perkembangannya,” ujarnya. Termasuk rencana mulai bukanya pariwisata Bali untuk wisman pada 11 September nanti. “Yang ini sangat membantu nanti,” ucapnya.

Apalagi sebelumnya masih berkait dengan pariwisata Bali juga berhasil menyabet beberapa predikat seperti hotel terbaik, kota terbaik, pulau wisata terbaik. “Ketiganya berhasil kita raih,” kata Cok Ace.

Sementara itu Wakil Ketua PHRI Bali yang juga Ketua BPC PHRI Badung I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya menyatakan  bangga dan bersyukur dengan terpilihnya Bali kembali sebagai salah satu destinasi terbaik dunia.  “Ini sangat bagus dalam memasuki re-opening pariwisata Bali (wisman) pada 11 September,” ujarnya.

Karena secara tak langsung award tersebut menjadi media promosi di tengah upaya Bali-Indonesia mendatangkan wisatawan untuk membangkitkan kembali industri pariwisata Bali. Untuk itu lanjut Rai Suryawijaya-sapaan I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya, semua stakeholder kepariwisataan khususnya terus menjaga dan mempertahankan persepsi positif baik dunian internasional khususnya wisatawan.  “Jangan sampai lengah, sehingga bisa dimanfaatkan kompetitor Bali,” tegasnya. *ant, k17

loading...

Komentar