nusabali

Krama Duda Gelar Usaba Kapat di Pura Puseh

  • www.nusabali.com-krama-duda-gelar-usaba-kapat-di-pura-puseh

AMLAPURA, NusaBali
Krama Desa Adat Duda, Kecamatan Selat, Karangasem tetap menggelar Usaba Kapat di Pura Puseh meski terjadi pandemi Covid-19.

Puncak Usaba Kapat pada Purnama Kapat, Wraspati Kliwon Langkir, Kamis (1/10). Semua pamedek ke Pura Puseh wajib menggunakan masker.


Bendesa Adat Duda, I Komang Sujana, mengaku menggelar paruman membahas Usaba Kapat di jaba Pura Puseh, Banjar Tengah, Desa Duda, Kecamatan Selat, Karangasem, Redite Kliwon Tolu, Minggu (2/8). Paruman juga menyepakati dudonan upacara serangkaian Usaba Kapat. Hanya tahun 2017, Usaba Kapat ditiadakan karena seluruh krama mengungsi akibat Gunung Agung erupsi. “Kali ini Usaba Kapat tetap berjalan. Pamedek yang datang wajib pakai masker. Nanti ada pecalang yang mengatur saat menggelar persembahyangan agar tidak terjadi desak-desakan," jelas I Komang Sujana.

Ditegaskan, semua pamedek tanpa kecuali wajib pakai masker, kecuali Ida Pedanda. "Ida Pedanda tidak pakai masker, Jro Mangku, bendesa dan prajuru desa adat pakai masker," tambahnya. Bendesa Adat Duda, I Komang Sujana, mengaku tidak ingin menanggung risiko membiarkan krama yang datang tanpa masker. Apalagi penyebaran Covid-19 sampai ke Desa Duda Timur, Desa Duda, dan Desa Duda Utara, Kecamatan Selat. Ancaman virus corona tidak bisa dianggap remeh, sangat berbahaya dan mengancam keselamatan  umat sedharma. "Usaba Kapat momen sangat tepat mohon keselamatan, karahayuan dan perlindungan agar terhindar dari bahaya virus corona," tambahnya.

Dudonan Usaba Kapat telah disahkan berdasarkan paruman, upacara mlasti ke Segara Banjar Buitan, Desa/Kecamatan Manggis Redite Wage Kuningan, Minggu (20/9), pamiosan di Pura Puraji Buda Paing Kuningan, Rabu (23/9), pamiosan pertama di Pura Puseh Saniscara Kliwon Kuningan, Sabtu (26/9), pangrejangan Anggara Pon Langkir, Selasa (29/9), pamiosan kedua di Pura Puseh Sukra Umanis Langkir, Jumat (2/10), dan Nyineb Saniscara Paing Langkir, Sabtu (3/10).

Sedangkan di krama Banjar Adat Pegubugan, Desa Adat Duda, selain menggelar upacara pamiosan di Pura Puseh Desa Adat Duda juga menggelar upacara pamiosan di Pura Puseh Banjar Adat Pegubugan, hanya saja dilaksanakan pada Sukra Umanis Langkir, Jumat (2/10). Desa Adat Duda mewilayahi 27 banjar adat. Selama Usaba Kapat terutama saat melasti dan upacara pamiosan Ida Bhatara Kabeh katuran ke Pura Puseh Desa Adat Duda. *k16

Komentar