nusabali

Kabupaten Tabanan Sudah Miliki 11 TK Negeri, tapi Minim Guru PNS

  • www.nusabali.com-kabupaten-tabanan-sudah-miliki-11-tk-negeri-tapi-minim-guru-pns

TABANAN, NusaBali
Untuk memaksimalkan pembelajaran di tingkat Taman Kanak-kanak (TK), Kabupaten Tabanan menambah jumlah sekolah TK negeri.

Mulanya di Tabanan hanya tersedia 2 TK negeri, kini sudah berjumlah 11. Dari 10 kecamatan, Kecamatan Selemadeg yang belum terbangun TK negeri, dan pembangunannya akan menyusul.

Kepala Dinas Pendidikan Tabanan I Nyoman Putra, menjelaskan jumlah TK negeri di Tabanan sekarang sudah 11 sekolah. Sekolah TK negeri tersebar di sembilan kecamatan lengkap dengan guru dan kepala sekolah.

“Hanya Kecamatan Selemadeg saja yang belum memiliki. Tetapi kami tidak menetapkan target membangun TK negeri di setiap kecamatan, karena anggaran pembangunan dari pemerintah. Lain lagi kalau TK yang dibangun oleh yayasan dan desa,” kata Nyoman Putra, Minggu (2/8).

Menurut Nyoman Putra, diperluas jumlah TK negeri untuk memaksimalkan pembelajaran di tingkat usia dini. Namun guru PNS untuk TK negeri masih minim. “Guru TK PNS kita masih minim di Tabanan, sekarang dibantu guru kontrak,” katanya.

Nyoman Putra berjanji terkait penambahan jumlah guru, ketika ada pengajuan formasi akan mengusulkan untuk guru TK negeri. “Pendidikan usia dini ini sangat penting untuk perkembangan anak, yang nantinya dapat memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar,” tegasnya.

Belum lama ini Pemkab Tabanan sudah melantik 9 orang kepala sekolah TK negeri di Tabanan. Di Kecamatan Tabanan yang paling padat penduduk, sudah ada 2 unit TK negeri.

“Pembangunan TK negeri itu ada banyak syarat dan mekanisme agar sekolah itu benar-benar berkwalitas sebagai tempat belajar anak,” tandas Nyoman Putra. *des

loading...

Komentar