nusabali

PDIP Blak-blakan Soal Ipar Jokowi Tak Maju Pilkada

  • www.nusabali.com-pdip-blak-blakan-soal-ipar-jokowi-tak-maju-pilkada

JAKARTA, NusaBali
PDIP bercerita adik ipar Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wahyu Purwanto, sempat mendekatinya untuk maju Pilkada Gunung Kidul, DI Jogjakarta.

Namun, Wahyu terbentur oleh standar operasional prodsedur (SOP) PDIP karena pencalonan sudah ditutup. Ketua Bidang Pemenangan Pemilu PDIP, Bambang Wuryanto, mengaku pernah didatangi oleh staf dari Wahyu. Lalu, Bambang yang akrab disapa Pacul, mengatakan kepada pihak Wahyu bahwa proses pencalonan pilkada di PDIP telah ditutup.

"Pak Wahyu dalam konteks PDIP, stafnya saya kasih tahu, 'anda sudah lewat, penjaringan sudah ditutup, PDIP sudah dalam rapat proses DPP pengerucutan, jadi anda tidak bisa masuk dalam wilayah yang kami bahas'," kata Pacul, Rabu (29/7)."Kalau pengen masuk gimana Pak Pacul? Kalau tetap pengen masuk hanya satu pintunya, Ibu Ketua Umum, bicara sama Ibu Ketua Umum. Kalau kemudian Ibu Ketua Umum, 'ini yang jadikan'. Kita tegak lurus," sambungnya.

Pacul mengatakan pendekatan Wahyu terbentur aturan di partai. Pintu bagi Wahyu bisa terbuka, bila dia bicara dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. "Terbentur masalah SOP, iya dong, SOP-nya sudah lewat. Ya tentu SOP kayak begitu yang bisa ngomong sama Bu Ketum siapa? Paling kan presiden, mau nggak? Hampir pasti nggak," ujar Pacul.

Pacul kemudian bicara soal tak direstuinya Wahyu oleh Presiden Jokowi. Pacul menyinggung soal budaya orang Solo. "Pak Presiden itu suka, nggak suka, beliau adalah orang Jawa, yang tumbuh dalam kultur Jawa yang namanya kultur Solo. Kalau itu kemudian Pak Jokowi itu misalnya ada 1 putranya dicalonkan dari PDIP, kemudian 1 lagi menantu dicalonkan dari PDIP pula, beliau ini walaupaun beliau mungkin kita tidak tahu minta apa nggak minta, tapi perasaan orang Jawa, 'piye toh? kowe kok terus dicalonkon teko partai sing bukan PDIP'," sebut Pacul dilansir detik.com.

PDIP sendiri telah memberikan rekomendasi kepada anak Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, dan hampir pasti memberikan rekomendasi juga kepada menantu Jokowi, Bobby Nasution. Menurutnya, dua calon tersebut pun sudah banyak dari PDIP. "Kalau umpamanya dianggaplah beliau itu minta, kalau sudah minta 2 itu sudah kebanyakan, jikalau, saya nggak khawatir beliau nggak minta," imbuhnya. Sebelumnya, adik ipar Jokowi, Wahyu Purwanto akhirnya mengundurkan diri sebagai bakal calon Bupati Kabupaten Gunungkidul yang diusung NasDem. Calon pengganti yang dipersiapkan adalah Mayor Sunaryanta. *

loading...

Komentar