nusabali

KMP Gerbang Samudra V Kandas di Gilimanuk

  • www.nusabali.com-kmp-gerbang-samudra-v-kandas-di-gilimanuk

Kapal Motor Penumpang (KMP) Gerbang Samudra V kandas di Perairan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Jembrana, Kamis (29/9) malam.

Kaki ABK Patah Tertimpa Sekoci


NEGARA, NusaBali
Akibat musibah ini, salah seorang anak buah kapal (ABK), Didin, 30, mengalami patah kaki kiri akibat tertimpa sekoci. Musibah kandasnya KMP Gerbang Samudra V bertepatan dengan uji coba penyeberangan di Selat Bali.

KMP yang direncanakan sebagai tambahan armada baru itu diujicobakan menjajal jalur penyeberangan Selat Bali dengan rute Ketapang-Gilimanuk. Saat uji coba, KMP yang diberangkatkan dari Pelabuhan Ketapang pada Kamis malam, tidak mengalami masalah ketika melewati bagian tengah perairan. Namun, ketika hendak berlabuh menuju Dermaga LCM Gilimanuk, sekitar pukul 08.00 Wita, KMP yang tidak mengangkut penumpang ini tiba-tiba terbawa arus ke arah utara, Kemudian kandas di perairan dangkal lampu merah yang berjarak sekitar 200 meter sebelah tenggara Pelabuhan Gilimanuk.

Ketika kandas, petaka susulan terjadi di KMP tersebut. ABK, Didin, 30, asal Probolinggo, Jawa Timur mengalami patah tulang pada bagian kaki kanan karena tertimpa sekoci yang diturunkannya. Mengetahui keadaan darurat itu, korban dievakuasi ke Puskesmas Melaya dan langsung dirujuk ke RSUD Negara. Setelah hampir satu setengah jam berlalu, KMP berhasil lepas dari perairan dangkal tersebut.

Manager Usaha Pelabuhan Gilimanuk, Sugeng Purwono, saat dikonfirmasi membenarkan musibah yang dialami KMP Samudra V. Sementara Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Gilimanuk, Boss Mascot, belum dapat dikonfirmasi. Dihubungi via telepon, dalam keadaan aktif, namun tidak diangkat. * ode

Komentar