nusabali

KPU Bangli Sosialisasikan Pencalonan Pilkada

  • www.nusabali.com-kpu-bangli-sosialisasikan-pencalonan-pilkada

BANGLI, NusaBali
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangli melakukan sosialisasi terkait pencalonan Pilkada 2020, Rabu (29/7).

Sosialisasi yang dilakukan secara daring (zoom meeting) ini diikuti partai politik, hingga jajaran Forkompimda Bangli.  Ketua KPU Bangli, Putu Gede Pertama Pujawan, mengatakan KPU Bangli baru saja melaksanakan sosialisasi tahapan dan mekanisme pencalonan dalam Pilkada Bangli 2020. Beberapa hal disampaikan dalam sosialisasi kali ini, seperti tahapan pengumuman pendaftaran bakal pasangan calon.

Kata Putu Pujawan, pada 28 Agustus hingga 3 September meliputi tahapan pengumuman pendaftaran bakal pasangan calon. Kemudian dilanjutkan pendaftaran pasangan calon pada 4-6 September. "Untuk pendaftaran dilakukan serentak di seluruh daerah yang melangsungkan Pilkada," jelasnya.

Pihaknya pun mengingatkan untuk partai politik mulai menyiapkan seluruh dokumen/berkas yang nantinya disetorkan ke KPU untuk persyaratan pendaftaran. "Partai yang bisa mengusung memiliki 20 persen kursi di DPRD atau pemilik 25 persen suara sah," sebutnya.

Di sisi lain, di tengah pandemi Covid-19 tentu proses pendaftaran nanti jumlah pendamping dibatasi. Tetap mengikuti protokol kesehatan. "Tidak ada pengerahan massa saat pendaftaran. Bisa saja untuk simpatisan dalam menyaksikan pendaftaran secara daring," ujarnya. Selain itu, dikatakan pula untuk proses pemutakhiran data pemilih sedang berjalan. *esa

loading...

Komentar