nusabali

Pebasket Kursi Roda Bali Jalani Latihan Lewat Daring

  • www.nusabali.com-pebasket-kursi-roda-bali-jalani-latihan-lewat-daring

JAKARTA, NusaBali
Atlet basket kursi roda asal Bali menjalani program latihan secara daring sampai Desember 2020.

Salah satu atletnya, Candra Yustama mengatakan, latihan dilakukan setelah para atlet Pelatnas ASEAN Para Games dipulangkan ke daerah masing-masing sejak Juni.

"Sampai saat ini sudah hampir dua bulan. Latihan secara daring kami lakukan hingga Desember 2020. Januari 2021, kami latihan bersama kembali di Solo, Jawa Tengah," ujar Candra Yustama, Rabu (29/7).

Candra berharap bisa berlatih di Pelatnas kembali. Lantaran berlatih di Pelatnas peralatan lengkap. Sedangkan latihan daring, hanya berlatih fisik utnuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan fisik tidak drop saat Pelatnas dimulai lagi. Latihan daring dijalani melalui zoom meeting selama dua jam. Candra dkk pun melakukannya setiap pagi pukul 08.00-10.00.

"Kami latihan dari Senin sampai Sabtu. Sedangkan Minggu libur," ucap Candra. Latihan diikuti 10 pebasket kursi roda di Bali. Mereka mendapat arahan dari lima pelatih, dengan menjalani ball handling, ball keeping, push up, bisep, soulder press, plank, shooting dan drible bola.

Berhubung Candra menggunakan kursi roda biasa, dia melakukan drible bola di tempat. Sedangkan shooting dia lakukan ke atas sambil rebahan lantaran tidak ada jaring. Karena itu, Candra mengakui, tangannya harus sigap menangkap bola saat shooting ke atas. Jika tidak wajahnya akan terkena bola.

Gerakan latihan tersebut,  kata Candra, untuk melatih reflek tangan. Selama latihan daring, ada kendala yang dialami. Salah satunya saat sinyal tidak bagus sehingga latihan daring terputus.

Pelatih menyarankan, para atlet tetap latihan meski tidak dipantau melalui zoom meeting. Lalu mereka merekam atau memfoto, yang selanjutnya dikirim ke pelatih.

Dalam latihan secara daring, Candra mengaku tak terlalu mengeluarkan biaya. Pasanya para atlet mendapat kompensasi paket data langsung ke handpone masing-masing atlet, awal Agustus nanti. Sedangkan latihan yang berjalan dua bulan membeli pulsa sendiri. k22

Komentar