nusabali

Pemkab Klungkung Terima Penghargaan Pembangunan Daerah dari Bapennas

  • www.nusabali.com-pemkab-klungkung-terima-penghargaan-pembangunan-daerah-dari-bapennas

SEMARAPURA, NusaBali
Pemkab Klungkung berhasil masuk 10 besar kabupaten dengan perencanaan dan capaian pembangunan terbaik se-Indonesia.

Atas raihan tersebut, Kabupaten Klungkung mendapat penghargaan sebagai 10 besar daerah dengan kategori perencanaan dan pencapaian daerah tingkat kabupaten dalam penyelenggaraan penghargaan pembangunan daerah tahun 2020 dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bapennas, Suharso Monoarfa.

Mengingat saat ini situasi pandemi Covid-19, semua penyampaian dokumen dan penilaian oleh tim dilakukan secara virtual, Rabu (29/7). “Kami di Klungkung tahun ini nomor 1 di Bali, kemudian dikirim ke pusat dan masuk 10 besar,” ujar Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Klungkung I Wayan Wasta, saat menyampaikan penghargaan tersebut kepada Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Sekda Klungkung, I Gede Putu Winastra di ruang rapat Bupati Klungkung, Rabu (29/7).

Wayan Wasta menyebutkan penghargaan ini diterima Pemkab Klungkung setelah melalui beberapa penilaian dari pusat. Secara nasional, Klungkung bersaing dengan ratusan kabupaten di Indonesia. Adapun aspek yang dinilai yakni dokumen perencanaan dan realisasi capaian tahun anggaran 2019, Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020 dan inovasi daerah. “Penyampaian dokumen dan penilaian oleh tim dilakukan secara virtual. Begitu juga dengan penghargaan baru bisa diterima sekarang dari yang seharusnya diserahkan bersamaan dengan pembukaan musyawarah pembangunan nasional (Musrenbangnas),” ujar Wasta.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan, untuk mempertahankan prestasi tersebut, bupati berharap kerjasama semua OPD Pemkab Klungkung dalam menyampaikan dokumen perencanaan anggaran dan penyelesaian dokumen perencanaan tepat waktu. Dari sisi waktu tersebut memang harus ditaati tidak boleh lewat. “Begitu juga dengan kualitas harus bagus antara input dan sasaran indikatornya harus jelas dan terukur,” kata Bupati Suwirta. Indikator itu, jelas Bupati, akan menunjukkan kualitas dokumen yang harus benar-benar dijaga dalam pembangunan. Terbentuknya dokumen perencanaan diawali dengan Musrenbang yang tahapannya sesuai ketentuan Undang-undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dengan turunannya Peraturan Menteri.

Selain itu, Pemkab Klungkung pada Bagian Pengadaan Barang/Jasa menerima Sertifikat SNI ISO 37001 : 2016. Sertifikat tersebut diserahkan Direktur PT Garuda Sertifikasi Indonesia I Putu Gede Indra Yuda kepada Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta di ruang rapat kerja Kantor Bupati Klungkung, Rabu (29/7) pagi. Pencapaian penghargaan  tersebut berhasil diraih karena sudah terbukti memenuhi persyaratan terhadap pemenuhan standar SNI ISO 37001 : 2016 dan sudah bekerja sesuai aturan dengan komitmen spirit Gema Santi. Bupati Suwirta mengapresiasi atas sertifikat Standar Nasional Indonesia ISO 37001 : 2016 tersebut. Bupati berharap agar sertifikat ini dipertahankan bahkan ditingkatkan.

Bupati Suwirta menambahkan keberhasilan Pemkab Klungkung meraih sertifikat ini tidak terlepas dari komitmena bersama team work dengan spirit Gema Santi, masyarakat Klungkung yang santun dan inovatif. Dengan spirit tersebut Bupati Suwirta mengajak OPD agar terus ikut berinovasi untuk membangun Kabupaten Klungkung kedepan agar semakin lebih baik dan maju. Direktur PT Garuda Sertifikasi Indonesia I Putu Gede Indra Yuda mengatakan keberhasilan Pemkab Klungkung dinilai berkat komitmen dari pimpinan dan kerjasama staf yang sudah menjalankan tupoksi tugas sesuai dengan aturan. *wan

loading...

Komentar