nusabali

Tembakau Diproses Hasilkan Wewangian

  • www.nusabali.com-tembakau-diproses-hasilkan-wewangian

JAKARTA, NusaBali
Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Baltibangtan) Kementan melakukan inovasi tembakau, sehingga menghasilkan parfum atau wewangian.

Meski kandungan utamanya alkaloid (nikotin), namun daun tembakau mengandung senyawa-senyawa kimia, mulai dari golongan asam, alkohol, aldehid, keton, alkaloid, asam amino, karbohidrat, ester, dan terpenoid.

“Tembakau memiliki aroma yang khas,  karena di dalam daunnya terkandung senyawa-senyawa aromatis yang mudah menguap atau biasa disebut dengan minyak atsiri,” kata Peneliti dari Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat, Elda Nurnasari, di Jakarta, Selasa (28/7).

Minyak atsiri tembakau dapat diekstrak dengan cara destilasi, lanjutnya, hasilnya adalah berupa minyak berwarna kuning kecoklatan dengan aroma tembakau yang khas dan menyengat. Kandungan senyawa utama dalam minyak atsiri tembakau adalah neofitadiena dengan jumlah jumlah lebih dari 40 persen.

"Minyak atsiri tembakau memiliki aroma yang khas sehingga dapat digunakan sebagai bahan campuran pembuatan parfum badan," ujar Elda, dalam keterangan tertulis.

Balitbangtan, kata Elda, telah meneliti dan memanfaatkan minyak atsiri tembakau sebagai salah satu bahan pembuatan parfum badan. Hasil uji organoleptik parfum terhadap 30 orang responden (wanita) kebanyakan memilih parfum minyak atsiri tembakau yang dicampur dengan aroma jeruk, jasmine dan lavender. *ant

loading...

Komentar