nusabali

Dekranasda Bali Dorong IKM-UMKM Gunakan Digital

  • www.nusabali.com-dekranasda-bali-dorong-ikm-umkm-gunakan-digital

DENPASAR, NusaBali
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali Putri Suastini Koster mengajak para industri kecil menengah (IKM) dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) terus kreatif memproduksi karya berkualitas dalam menerobos pangsa pasar lewat digital di masa pandemic Covid-19.

"Pemasaran melalui jaringan internet atau digital, Bali memiliki fasilitas lewat balimall.id," kata Putri Suastini Koster, dalam Webinar bersama Dekranasda se-Bali, di Denpasar, Senin (27/7).

Putri Suastini Koster mengatakan, Dekranasda memiliki tanggung jawab melestarikan dan mengembangkan produk kerajinan lokal Bali, juga termasuk mendukung kreativitas perajin dan inovasi. Misalnya, kain tenun tradisional Bali songket. Tidak bisa diproduksi massal karena ini 'limited edition'.

“Jangan sampai karena ingin membuat seragam, perajin kewalahan akhirnya mencari bantuan kain ke luar. Disinilah perlu pemahaman lebih bijaksana tentang produk lokal khas Bali," kata istri Gubernur Bali Wayan Koster itu.

Menurutnya, ada satu "tagline" yang selalu disosialisasikan Dekranasda Bali, yakni "Cintailah Produksi Dalam Negeri dan Pakailah Produk Daerah Sendiri". Jadi, katanya, orang Bali memakai kain khas Bali, begitu juga orang Jawa memakai kain khas Jawa.

“Kalau orang Bali ingin memakai kain khas Jawa, belilah yang asli di Jawa, sehingga kondisi ini saling mendukung dan tidak mematikan tapi justru menumbuhkan satu sama lain. Itu satu contoh kecil," kata
Suastini Koster.

Sebelum merembak kasus Covid-19, kata Suastini Koster, sudah banyak "market place" yang dimanfaatkan. Karena situasi belum memaksa, pelaku usaha belum melirik digital. Dia pun menegaskan, Dekranasda Bali akan menggerakkan, dari hulu sampai hilir, itulah yang diharapkan dalam Bali era baru, untuk mencapai visi dan misi Pemerintah Provinsi Bali "Nangun Sat Kerthi Loka Bali".

"Di era pandemi kita tidak diam, tugas kita turut melestarikan warisan nenek moyang. Dari hasil webinar ini kami ingin meningkatkan dan mengangkat kualitas dan kapasitas IKM dan UMKM," ujar Suastini Koster.

Kegiatan webiner Dekranasda Bali bekerja sama dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) dan Balimall.id mendapatkan antusias peserta, baik dari anggota Dekranasda se-Bali maupun peserta lainnya. *ant

Komentar