nusabali

Napoli Memburu Sejarah di Barcelona

  • www.nusabali.com-napoli-memburu-sejarah-di-barcelona

Belum pernah sekalipun menjejakkan babak perempatfinal Liga Champions. Kesempatan ada walaupun harus melakoni laga di kandang Barcelona.

NAPLES, NusaBali

Walau tak banyak yang mengunggulkan, namun Napoli punya potensi mengejutkan Barcelona yang dalam kondisi belum stabil. Berbekal hasil imbang 1-1 di leg pertama 16 besar Liga Champions, Partenopei mencoba menjungkalkan Barcelona saat menjalani leg kedua pada Agustus mendatang.

Pelatih Napoli, Gennaro Gattuso, menegaskan timnya untuk fokus saat berhadapan dengan Blaugrana. Sedikit kesalahan bisa menjadi bahaya untuk Napoli. "Kami dapat membuat sejarah dalam beberapa minggu, karena Napoli belum pernah mencapai perempatfinal Liga Champions," kata Gattuso kepada DAZN usai membawa Napoli mengalahkan Sassuolo 2-0 dalam lanjutan Liga Italia.

Jika ingin lolos, Napoli harus bisa mencetak gol dan minimal menang 1-0. Skor 0-0 tak akan menyelamatkan Napoli dari Liga Champions. Napoli terakhir kali mengalahkan Barcelona pada Agustus 2014 di ajang uji coba. Partenopei ketika itu menang 1-0 lewat gol Blerim Dzemaili.

"Kami tidak bisa membuat kesalahan sedikit pun melawan Barcelona. Kami harus bermain 95 menit dengan konsentrasi dalam permainan. Orang-orang berpikir umpan itu mudah, sebenarnya tidak. Kita harus menjadi tim yang berpikir, yang mencakup ruang dengan cara yang benar dan tetap fokus sepenuhnya," Gattuso menegaskan.

Hal senada juga dikatakan bek Napoli, Elseid Hysaj. Dia meminta rekan-rekannya fokus saat melawan Barca. "Barcelona memainkan sepakbola yang sama dengan Sassuolo, tetapi jelas dengan kualitas yang jauh lebih baik, jadi kami perlu lebih berhati-hati pada detail ketika menghadapi mereka di Liga Champions," ujarnya.

Dari 10 laga selepas kompetisi dilanjutkan, Napoli meraih 6 kemenangan, tiga kali berimbang, dan sekali kalah. Dries Mertens dkk juga sukses menggondol trofi Coppa Italia, dengan mengalahkan Juventus bulan lalu. Sementara Barcelona sudah melakoni 11 partai, dan meraih 7 kemenangan, tiga kali berimbang, serta sekali kalah. Namun, Lionel Messi dkk baru saja kehilangan gelar juara Liga Spanyol, yang direbut Real Madrid. "Kami sudah cukup oke sejak jeda kompetisi. Kami berharap bisa ke pertandingan melawan Barcelona dalam kondisi yang oke," kata Gattuso, seperti dikutip Marca.

Barcelona bakal kehilangan dua pemain saat menjamu Napoli. Arturo Vidal dan Sergio Busquets absen karena terkena hukuman. Jean-Clair Todibo, Samuel Umtiti, Marc-Andre Ter Stegen, Ousmane Dembele dan bahkan Antoine Griezmann diragukan tampil. Ter Stegen sempat mengalami cedera lutut yang membuatnya harus menepi dari lapangan pada akhir 21 Desember 2019. Kondisi itu membuatnya absen pada dua laga Barcelona. Ter Stegen baru kembali merumput lagi pada 19 Januari 2020. Dia lantas mendapat kesempatan untuk pemulihan lagi saat kompetisi di tangguhkan karena pandemi virus corona. Menurut surat kabar Spanyol Diario AS, Ter Stegen berpotensi absen dan malah akan  naik ke meja operasi saat Liga Champions selesai. Jika menjalani operasi, kiper 28 tahun itu terancam rehat selama tiga bulan.

Liga Champions adalah satu-satunya ajang yang tersisa untuk Barcelona. Blaugrana harus keluar sebagai juara jika tak mau menuntaskan musim dengan tangan kosong, setelah sebelumnya gagal di LaLiga dan Copa del Rey.*

loading...

Komentar