nusabali

Klungkung Batalkan 11 Paket Proyek

Refocusing APBD 2020 Karena Pandemi

  • www.nusabali.com-klungkung-batalkan-11-paket-proyek

Untuk paket pengadaan langsung/non tender 5 paket proyek sedang dalam proses dan 187 paket sudah selesai proses.

SEMARAPURA, NusaBali

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengecek perkembangan paket pekerjaan tahun 2020 yang diproses di unit kerja pengadaan barang dan jasa Pemkab Klungkung, Selasa (28/7). Kegiatan ini dilakukan karena refocusing (penataan fokus) APBD 2020 untuk penanganan pandemi Covid-19. Refocusing terebut mengakibatkan pembatalan 11 paket proyek yang memasuki tender.

Di antaranya, pembangunan/peningkatan jalan kabupaten (DAK Penugasan) yakni eningkatan Jalan Sekartaji-Sedihing, Kecamatan Nusa Penida bernilai Rp  4,8 miliar, pengadaan bangunan tugu/tanda batas berupa penataan perbatasan Klungkung-Karangasem Rp 2 miliar, perencanaan pembangunan blok B Pasar  Semarapura Rp 360 juta, dan lainnya.

Kepala Bagian Pengadaan Barang Jasa Setda Klungkung Ida Bagus Wirawan mengatakan, dari keseluruhan OPD di Pemkab Klungkung, sudah semua menayangkan paket pekerjaan pada aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) Perubahan. "Paket pekerjaan yang telah masuk per tanggal 24 Juli 2020 di SIRUP tercata sebanyak 32 paket," ujarnya.

Sementara itu, jumlah paket proyek yang sedang diproses sebanyak 10 paket, 1 paket belum diproses, dan 21 paket sudah diproses. Adanya refocusing anggaran dalam penangan pandemi Covid-19, mengakibatkan pembatalan 11 paket pekerjaan yang memasuki proses tender. "Untuk paket pengadaan langsung/non tender 5 paket proyek sedang dalam proses dan 187 paket sudah selesai proses," ujar Wirawan.

Terkait perkembangan paket pekerjaan tersebut, Bupati Suwirta berharap dalam proses tender nantinya tidak terjadi penawaran yang terlalu rendah. Hal ini biasanya akan berpengaruh pada kualitas proyek. Selain itu, proses tender juga supaya diikuti oleh warga lokal dengan memanfaatkan tenaga kerja lokal. "Sehingga tujuan dari pembangunan yaitu dari oleh dan untuk warga dapat terwujud," harapnya. *wan

Komentar