nusabali

Klungkung Tambah 14 Kasus Positif Covid-19 Dalam Sehari

  • www.nusabali.com-klungkung-tambah-14-kasus-positif-covid-19-dalam-sehari

SEMARAPURA, NusaBali
Kasus transmisi lokal Covid-19 di Kabupaten Klungkung kembali meningkat signifikan dalam sehari, yakni sebanyak 14 orang, Senin (27/7).

Dengan tambahan ini maka total kasus Covid-19 di Gumi Serombotan mencapai 294 orang. Sebaliknya pasien sembuh juga cukup banyak Senin kemarin, mencapai 7 orang. Dengan demikian total pasien yang sembuh mencapai 241 orang.

Informasi yang dihimpun penambahan pasien positif tersebut selain dari penularan keluarga juga ada penularan dari salah satu tenaga kesehatan RS swasta di Klunglung.

Penambahan kasus positif ini setelah Diskes melakukan rapid test maupun swab yang sempat diajak kontak erat oleh pasien yang bersangkutan. "Mereka yang dinyatakan positif langsung dijemput petugas medis untuk menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Klungkung," ujar sumber di lapangan.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, mengatakan ada penambahan 14 orang kasus positif Covid-19. Hanya saja Bupati belum bisa membeber secara rinci penambahan pasien tersebut, karena itu kewenangan di provinsi. "Intinya kasus positif sebagian besar penularan di antara keluarga yang sebelumnya memang sudah ada keluarganya yang positif," ujar Bupati Suwirta.

Dijelaskan, total kasus positif Covid-19 di Klungkung saat ini mencapai 294 orang, 52 orang dalam perawatan dan 241 orang sembuh. Dengan rincian di Kecamatan Klungkung 138 orang, dalam perawatan 16 orang, sembuh 121 orang. Kecamatan Dawan 94 orang, dalam perawatan 22 orang, sembuh 72 orang. Kecamatan Banjarangkan 56 orang, dalam perawatan 12 orang, sembuh 44 orang. Kecamatan Nusa Penida 6 orang, dalam perawatan 2 orang, dan sembuh 4 orang.

Sementara itu Direktur RSUD Klungkung, dr Nyoman Kesuma, mengatakan saat ini jumlah pasien yang masih dirawat di ruang isolasi RSUD Klungkung sebanyak 16 orang, dan 8 orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP). "Untuk kami di RSUD Klungkung pasien yang sudah sembuh dan sudah boleh pulang sebanyak 5 orang," katanya. Meskipun sudah bisa pulang mereka masih harus tetap menjalani isolasi mandiri lagi 14 hari. Setelah itu baru bisa beraktivitas seperti biasanya. *wan

Komentar