nusabali

GMT Bantu 16 Dadia dan 3 Tempek di Desa Bungaya

  • www.nusabali.com-gmt-bantu-16-dadia-dan-3-tempek-di-desa-bungaya

AMLAPURA, NusaBali
Gerakan Masyarakat Terpadu (GMT) Amlapura bagikan 5,065 ton beras yang dikemas menjadi 1.013 paket sembako kepada 16 dadia, 3 tempek, dan pecalang di Desa Bungaya, Kecamatan Bebandem, Karangasem, Sabtu (25/7).

Penyerahan bantuan dengan mendatangi dadia dan tempek dipimpin Koordinator Lapangan GMT, I Gusti Ngurah Gede Subagiartha. Bantuan yang dibagikan sesuai jumlah usulan dari para kelian tempek, dadia, dan pecalang.


Penyerahan bantuan di Banjar Abiansoan dikoordinasikan I Wayan Nenson menyasar 7 dadia. Masing-masing Dadia Pande sebanyak 30 sembako, Dadia Dauh Werdi 29 sembako, Dadia Pasek Kubakal 21 sembako, Dadia Pasek Gelgel 70 sembako, Dadia Arya Sukahat 40 sembako, dan Dadia Amerta Sari 35 sembako. Sedangkan bantuan di Desa Bungaya untuk 7 dadia. Salah satunya Dadia Arya Pinatih Bukit Pucak Sari sebanyak 44 sembako diterima Kelian I Komang Sudiarsa.

Sedangkan untuk Tempek I Banjar Adat Darma Karya sebanyak 141 sembako secara simbolis diterima I Made Rimpi, Pecalang Desa Adat Bungaya kebagian 54 sembako secara simbolis diterima I Nengah Wirawan. Sedangkan yang di Banjar Jungsri, Desa Bungaya Kangin, bantuannya untuk 2 dadia masing-masing Dadia Dukuh Gamongan diterima secara simbolis Kelian I Komang Geban sebanyak 13 sembako dan Dadia Gede Dalem Benculuk Tegeh Kori sebanyak 170 sembako diterima I Gede Astawa.

Sebelumnya seluruh kelian dadia, kelian tempek, dan pecalang mohon bantuan ke Sekretariat GMT di Lingkungan Gede, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem lengkap dengan membawa daftar nama pangempon dan anggota pecalang. Setelah direkomendasi Penasehat GMT, I Gusti Made Tusan, maka bantuan direalisasikan. Korlap GMTm I Gusti Ngurah Gede Subagiartha mengatakan, jika ada warga yang belum dapat bantuan agar menghubungi kelian dadia dan pecalang untuk dapat bantuan sembako susulan.

Dikatakan, GMT membantu masyarakat yang kena dampak pandemi Covid-19, terutama yang kesulitan pangan. Bantuan itu diharapkan mampu meringankan beban masyarakat untuk beberapa hari ke depan. Kelian Dadia Dauh Werdi, Banjar Abiansoan, I Ketut Bagiada dan Kelian Dadia Pasek Kubakal Banjar Abiansoan I Gede Widia mengapresiasi bantuan GMT untuk krama pangempon yang lagi membutuhkan pangan. *k16

Komentar