nusabali

Aklamasi, Suyasa Terpilih Nahkodai Golkar Badung

Siap Menangkan Paket Diatmika-Muntra di Pilkada Badung 2020

  • www.nusabali.com-aklamasi-suyasa-terpilih-nahkodai-golkar-badung

Musda yang diprediksi akan berjalan alot, lantaran sempat diwarnai konflik internal yang melanda Golkar Badung sebelumnya ternyata tidak terjadi.

MANGUPURA, NusaBali
Wayan Suyasa, terpilih secara aklamasi menjadi Ketua DPD II Golkar Badung yang definitif periode 2020-2025. Terpilihnya politisi asal Banjar Blungbang, Desa Penarungan, Kecamatan Mengwi, Badung ini menjadi nahkoda partai berlambang beringin setelah melalui Musyawarah Daerah (Musda) DPD II Golkar Badung, Sabtu (25/7) di Zizz Hotel, Jalan Mudutaki V No 2 Tegal Jaya, Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, Badung. Sebelumnya Suyasa menjabat Plt Ketua DPD II Golkar Badung mengisi jabatan Ketua DPD II Golkar Badung, I Wayan Muntra, yang dilengserkan Plt Ketua DPD I Golkar Bali, Gde Sumarjaya Linggih alias Demer di awal tahun 2019 lalu.

Musda Golkar Badung kemarin dilaksanakan sejak pukul 13.00 Wita. Musda yang diprediksi akan berjalan alot, lantaran sempat diwarnai konflik internal yang melanda selama ini ternyata tidak terjadi.

Bahkan mantan Ketua DPD II Golkar Badung, I Wayan Muntra, legowo dan menerima keputusan aklamasi yang memilih Wayan Suyasa menjabat Ketua DPD II Golkar Badung dalam periode 2020-2025. Sementara dalam Musda kemarin juga kembali ditegaskan dukungan terhadap kandidat pasangan calon I Gusti Ngurah Agung Diatmika-I Wayan Muntra (Diatmika-Muntra) maju bertarung pada kontestasi Pilkada Badung, 9 Desember 2020 mendatang.

Seperti diketahui pasca dilengserkannya Wayan Muntra dari jabatan Ketua DPD II Golkar Badung di bulan Juni 2019 lalu, timbul sejumlah aksi penolakan terhadap Plt Ketua DPD II Golkar Badung, Wayan Suyasa.

Bahkan saat itu muncul gerakan penolakan terhadap pelengseran Ketua DPD II Golkar Badung, I Wayan Muntra, hingga aksi pernyataan sikap bersama puluhan kader elite Golkar Badung yang tandatangani penolakan SK Plt Ketua DPD II Golkar Badung, I Wayan Suyasa.

Muntra bersama 4 Ketua DPD II Golkar lainnya yang kala itu ikut dilengserkan, yakni

Ketua DPD II Golkar Bangli Wayan Gunawan, Ketua DPD II Golkar Tabanan I Ketut Arya Budi Giri, Ketua DPD II Golkar Karangasem I Made Sukerana, dan Plt Ketua DPD II Golkar Buleleng I Made Adi Djaya, sempat mengugat ke Mahkamah Partai Golkar, namun perjuangannya kandas.

Lalu pasca terpilihnya Nyoman Sugawa Korry sebagai Ketua DPD I Golkar Bali menggantikan Plt Ketua DPD I Golkar Bali, Gde Sumarjaya Linggih, melalui Musda Golkar Bali pada 24 Februari 2020 lalu, rekonsiliasi di tubuh Golkar Bali pun terjadi. Termasuk Wayan Muntra yang sebelumnya dilengserkan dari kursi Ketua DPD II Golkar Badung dirangkul dan diberikan jabatan strategis di DPD I Golkar Bali, yakni Wakil Ketua Bidang Badan Hukum dan HAM DPD I Golkar Bali. Kini Muntra juga digadang sebagai Cawabup Badung mendampingi I Gusti Ngurah Agung Diatmika di Pilkada 2020.

Ketua DPD II Golkar Badung terpilih, Wayan Suyasa, usai Musda menyampaikan terima kasih kepada DPD I Golkar Provinsi Bali karena telah memfasilitasi dan menjembatani proses pemilihan sehingga berjalan dengan baik. “Saya mengapresiasi kepada bapak Wayan Muntra karena telah memberikan arahan serta mandat ke saya untuk maju sebagi calon Ketua DPD II Golkar Badung. Sedangkan beliau fokus menjadi calon Wakil Bupati Badung yang akan diusung oleh Koalisi Partai Golkar, NasDem dan Gerindra mendampingi Calon Bupati Badung, I Gusti Ngurah Agung Diatmika,” ujar politisi kelahiran 6 Februari 1971.

Suyasa yang kini juga duduk sebagai Wakil Ketua DPRD Badung ini menyambut baik terlaksananya Musda dengan penuh kekeluargaan. "Hal ini merupakan bukti kader Golkar di Badung kompak dan siap berjibaku dalam memenangkan pasangan yang akan diusung oleh Partai Golkar bersama partai koalisi pada Pilkada Badung nanti," katanya.

“Kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak baik pihak panitia penyelenggara Musda, pihak pengurus DPD I Golkar Bali, kader dan simpatisan serta Fraksi Golkar DPRD Badung yang telah mendukung jalannya Musda, sehingga bisa sukses seperti saat ini,” imbuh Suyasa.

Selain pemilihan Ketua DPD II Golkar  Badung, juga terpilih sebagai Sekertaris DPD II Golkar Badung, yakni AAN Ketut Agus Nadi Putra. Anggota Fraksi Golkar DPRD Badung ini turut menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan jajaran Fraksi Golkar Badung, pengurus kecamatan, pengurus desa serta semua kader Golkar. “Musda ini telah berjalan dengan baik seperti apa yang diamanahkan oleh DPD I, bagaimana kita bisa menciptakan suasana Musda yang kondusif. Dan patut kita syukuri Musda kali ini sudah bisa berjalan dengan aman dan tertib sesuai dengan harapan kita, yakni pemilihan secara aklamasi,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya selaku  sekretaris yang dipilih dalam Musda  merupakan suatu tugas berat. “Saya akan tetap membantu dan bersinergi dengan ketua terpilih untuk melaksanakan tugas-tugas partai. Kita akan melakukan konsolidasi ke dalam apalagi kita sedang melaksankan Pilkada saat ini dan mengusung kader kita sendiri, yakni bapak Wayan Muntra  mendampingi I Gusti Ngurah Agung Diatmika," tandas.

Hadir pada saat pembukaan Musda DPD II Golkar Badung kemarin, yakni Ketua DPD I Golkar Bali, I Nyoman Sugawa Korry, Ketua DPRD Badung I Putu Parwata, Ketua DPD II Golkar Denpasar, I Wayan Mariana Wandhira, Ketua Partai NasDem Badung, I Putu Suyanta, Ketua DPC Gerindra Kabupaten Badung, I Wayan Diesel Astawa dan Ketua DPC Demokrat Badung, I Made Sunarta. Juga tampak hadir Ketua KPU Kabupaten Badung I Wayan Semara Cipta, Komisioner Bawaslu Badung I Gusti Ngurah Bagus Cahya Sasmita, Anggota Fraksi Golkar Kabupaten Badung dan jajaran Pengurus Golkar se-Kabupaten Badung. *asa

Komentar