nusabali

IBL 2020 Kembali Start 13 Oktober

  • www.nusabali.com-ibl-2020-kembali-start-13-oktober

JAKARTA, NusaBali
Kompetisi Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2020 akan kembali dilanjutkan pada 13-27 Oktober, di Mahaka Square Arena Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Penyelenggaraan tanpa penonton setelah tertangguhkan sejak Maret akibat pandemi COVID-19. Semula, IBL 2020 dijadwalkan pada 4 September hingga 5 Oktober, dengan Jakarta dan Yogyakarta sebagai opsi kota penyelenggaraan. Namun, menurut Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah, pelaksanaan kompetisi diputuskan mundur karena beberapa pertimbangan.

“Kami mempertimbangkan beberapa aspek, termasuk memberi waktu persiapan lebih banyak kepada klub-klub menghadapi babak play off mendatang ," kata Junas, rilis di Jakarta, Kamis (23/7)  malam.

Sementara, alasan Jakarta dipilih sebagai kota bergulirnya liga, kata dia, sebab IBL sudah mengantongi izin dari Wali kota Jakarta Utara. Dukungan tersebut disampaikan dalam kunjungan manajamen IBL ke Kantor Wali kota Jakarta Utara, Kamis.

Izin dan rekomendasi pedoman penyelenggaraan juga sebelumnya telah diberikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Kesehatan, serta Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Seluruh pihak, terutama klub-klub diharapkan untuk disiplin mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan, baik saat latihan maupun bertanding.

Pasalnya, apabila ada pemain, ofisial, atau staf ditemukan positif Covid -19, kata Junas, tidak menutup kemungkinan jika kompetisi akan kembali dihentikan.

Peringatan tersebut disampaikan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 saat lekukan pertemuan dengan manajemen IBL, Juni 2020.

“Kita harus disiplin terhadap pedoman kesehatan. Seperti yang dikatakan bapak presiden bahwa penyebaran virus corona dapat dicegah dengan kedisiplinan yang kuat dari diri kita sendiri," Yabes Tanuri. *

Komentar