nusabali

Jalan Rusak di Bangli Hanya Ditambal Sulam

  • www.nusabali.com-jalan-rusak-di-bangli-hanya-ditambal-sulam

BANGLI, NusaBali
Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Permukiman (PUPR Perkim) Bangli perbaiki jalan rusak di Jalan Kepundung, Kelurahan Kawan, Bangli.

Hanya saja perbaikannya secara tambal sulam. Alasannya, Jalan Kepundung statusnya jalan provinsi. Jalan ini merupakan akses masuk kendaraan roda empat ke Pasar Kidul Bangli. Kabid Bina Marga Dinas PUPR Perkim Bangli, I Wayan Lega Suprapto, mengatakan jalan yang rusak statusnya jalan provinsi. Sehingga untuk perbaikan menjadi tanggung jawab Pemprov Bali. “Sambil menunggu perbaikan dari provinsi, kami hanya menambal di titik badan jalan yang jebol saja,” jelas Wayan Lega Suprapto, Jumat (24/7). Wayan Lega mengaku sudah berkoordinasi lewat mandor jalan yang bertanggung jawab terhadap jalan provinsi di kota Bangli.

Dikatakan, anggaran rutin untuk perbaikan jalan rusak, normalisasai saluran, dan perambasan di Bidang Bina Marga hanya Rp 1 miliar. Sementara dalam RPJMD diusulkan anggaran rutin Rp 6 miliar. “Kami usulkan Rp 6 miliar, disetujui hanya Rp 1 miliar, sementara bentangan jalan kabupaten cukup panjang. Maka untuk perbaikan dilakukan secara selektif atau skala prioritas,” bebernya.

Salah seorang warga mengatakan rusaknya jalan akses masuk ke Pasar Kidul Bangli karena plat penutup gorong-gorong jebol. Kendaraan yang melintas kebanyakan kendaraan angkutan barang. “Perbaikan hanya menambal di titik jalan yang jebol. Kami khawatir jalan kembali jebol,” ungkapnya. Menurutnya, perbaikan harus secara menyeluruh yakni plat beton yang jebol diganti yang baru lanjut diaspal. “Semestinya perbaikan dilakukan menyeluruh, tidak hanya sebatas tambal sulam. Jika hujan, air got meluap ke jalan,” ungkap warga yang namanya tak mau dikorankan ini. *esa

loading...

Komentar