nusabali

Pohon Tumbang Timpa Palinggih Pura Subak

  • www.nusabali.com-pohon-tumbang-timpa-palinggih-pura-subak

AMLAPURA, NusaBali
Pohon keroyak tumbang menimpa Palinggih Tugu di Pura Subak Yeh Kuning, Banjar Telengan, Desa Gegelang, Kecamatan Manggis, Karangasem, Selasa (21/7) sekitar pukul 15.30 Wita.

Sebagian cabang pohon yang tumbang juga menimpa panyengker dan candi bentar. Tak ada korban jiwa dalam musibah itu. Kerugian material ditaksir mencapai Rp 5 juta.

Batang pohon keroyak yang tumbang itu telah keropos. Pohon setinggi 20 meter dengan diameter 2 meter diperkirakan berumur 80 tahun. Selain Palinggih Tugu yang rusak, juga bagian panyengker dan sebagian candi bentar, dengan kerugian diperkirakan mencapai Rp 5 juta. Kelian Banjar Telengan, I Made Pasek Astawa, mengatakan seharian hujan lebat menyebabkan pohon itu jadi berat. Bangunan yang tertimpa pohon merupakan bangunan lama.

Petugas BPBD Karangasem mengevakuasi pohon tumbang di Pura Subak Yeh Kuning, Kamis (23/7). Penanganan dikoordinasikan Sekretaris BPBD I Putu Eka Putra Tirtana bersama warga subak dan masyarakat Banjar Telengan. Putu Eka Putra Tirtana mengatakan, pohon yang roboh itu dilihat dari fisiknya telah berusia tua, batangnya lapuk, jika diguyur hujan, maka jadi basah dan berat. Mestinya sebelum pohon itu roboh bisa diantisipasi dengan melakukan penebangan. *k16

loading...

Komentar