nusabali

Jalan 'Benyah Latig', Warga Patungan Sewa Alat Berat

  • www.nusabali.com-jalan-benyah-latig-warga-patungan-sewa-alat-berat

TABANAN, NusaBali
Warga Banjar Gunung Kangin, Desa Bangli, Kecamatan Baturiti, Tabanan, patungan sewa alat berat untuk membuat got jalan.

Langkah itu dilakukan karena kondisi jalan rusak berat. Patungan sewa alat berat dilakukan oleh sekitar 40-an orang.


Perbekel Desa Bangli I Made Adiasa menjelaskan perbaikan got tersebut merupakan inisiatif dirinya dan tokoh masyarakat di Banjar Gunung Kangin. Sebab, selama ini akses jalan yang digunakan untuk mengangkut hasil perkebunan kondisinya sudah rusak berat. Terlebih banyak kendaraan warga sulit lewat karena banyak jalan yang berlubang. “Ya kami patungan sewa alat berat, termasuk saya ikut patungan karena memiliki ladang di kawasan tersebut,” ungkap Made Adiasa, Kamis (23/7).

Kata Made Adiasa, masyarakat yang patungan tersebut berjumlah sekitar 40-an orang. Kebanyakan yang patungan adalah warga yang memiliki lahan di lintasan jalan tersebut. Nominal patungan tidak dipatok melainkan semampunya. “Jadi beragam nominalnya tidak dipaksa, untuk sewa alat berat,” imbuh Made Adiasa.

Menurutnya, pembuatan got dilakukan untuk memperlebar jalan. Karena sebelum dibuat got, jalan kondisinya sempit. Pembuatan got tersebut sepanjang 1 kilometer lebih. “Kanan kiri dibuat got, supaya ada jalan air, agar air tak meluap ke jalan,” tutur Made Adiasa.

Sementara mengenai kelanjutan pengaspalan kemungkinan akan diajukan di tahun 2020 atau 2021 jika kondisi keuangan pemerintah telah stabil. “Pengaspalan diusulkan nanti saja, sekarang perbaiki sedikit demi sedikit dulu, mudah-mudahan tidak hujan. Kalau hujan otomatis kendaraan yang lewat akan akan babak belur,” tandasnya. *des

loading...

Komentar