nusabali

Bupati Suwirta Luncurkan Buku Indeks Stabilitas Politik Klungkung

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-luncurkan-buku-indeks-stabilitas-politik-klungkung

SEMARAPURA, NusaBali
Pemkab Klungkung menggelar acara peluncuran buku Indeks Stabilitas Politik Kabupaten Klungkung (Instapolku) Tahun 2019, di ruang rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Kamis (23/7).

Peluncuran dilakukan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta.  Acara tersebut dihadiri Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Udayana I Gusti Putu Bagus Suka Arjawa, dan tenaga ahli dari fakultas tersebut dan undangan.

Ketua Tim Pengukuran Indeks Stabilitas Politik Kabupaten Klungkung (Instalpolku) 2019 I Wayan Sujana mengatakan, penyusunan buku ini diinisiasi sekaligus inovasi strategis oleh Pemkab Klungkung, melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Klungkung. "Inovasi ini tentu untuk mengetahui tingkat perkembangan stabilitas politik di Klungkung," ujar Sujana.

Penyusunan ini didasarkan atas misi keempat Pemkab Klungkung yakni terwujudnya pemerintahan yang responsif, transparan, santun, dan linovatif dengan menjaga kepastian hukum dan stabilitas politik. Misi ini menjadi salah satu komitmen yang harus diejawantahkan oleh pemerintah, sebagai pembuktian janji yang harus dipenuhi kepada masyarakat Klungkung. "Manfaat dari penyusunan buku Instapoluku yakni mengukur basis data pengukuran indeks stabilitas politik dengan menggunakan variabel dan indikator stabilitas politik. Stabilitas politik sebagai salah satu tolak ukur keberlangsungan kinerja pemerintah," ujar Sujana.

Acara teresbut juga diisi dengan presentasi hasil pengukuran indeks stabilitas politik Klungkung 2019 oleh tim tenaga ahli dari Fakultas llmu Sosial dan llmu Politik Universitas Udayana. Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Udayana I Gusti Putu Bagus Suka Arjawa menjelaskan Kabupaten Klungkung paling pertama meluncurkan buku indek stabilitas politik dan sebagai pelopor dengan nilai 80,6 (baik). Tidak ditemukannya catatan kasus terkait hambatan atau tindakan diskriminatif pemerintah/masyarakat dalam penyampaian aspirasi politik, dan kebebasan berkumpul. Tersedia ruang komunikasi dan diskusi individu dengan pejabat publik Klungkung dengan berbagai aplikasi, antara lain Klungkung Mesadu, Temu Wirasa, dan Gema Santi.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan dengan nilai baik indek stabilitas politik Klungkung tahun 2019 ini tentu dapat dijadikan bahan evaluasi perkembangan stabilitas politik di Klungkung ke depan. Terkait itu, Klungkung beberapa kali menerima penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM. "Seberapa pun nilainya (indek stabilitas politik Klungkung tahun 2019,Red),

itu lah sesungguhnya kinerja saya di lapangan yang selalu hadir di tengah-tengah masyarakat," ujar Bupati Suwirta. *wan

loading...

Komentar