nusabali

Cedera Marc Marquez Tak Separah Prediksi Awal

  • www.nusabali.com-cedera-marc-marquez-tak-separah-prediksi-awal

BARCELONA, NusaBali
Spesialis Traumatologi MotoGP, dr. Xavier Mir, yang memimpin operasi dan merawat Marquez, menyatakan kondisi Marquez tidak separah perkiraan awal.

Sebelumnya, Marquez dikhawatirkan menderita kelumpuhan pada beberapa saraf radial pada lengan kanannya, akibat kecelakaan parah di MotoGP Spanyol 2020. Namun kekhawatiran itu tidak menjadi kenyataan. Marquez dalam kondisi baik-baik saja sekarang setelah operasi.

Xavier memaparkan sebatang pelat platinum generasi terbaru dipasang pada tulang humerus Marquez, untuk membantu pemulihannya. Menurutnya, ada 10 sekrup dipasangkan ke pelat dan tulang humerus kanan Marquez. Sebanyak lima dipasakan di atas patahan tulang humerus kanan, sedangkan yang lain di bawahnya.

Dia juga mengklaim metode tersebut dipratikkan di seluruh dunia, untuk menstabilkan posisi tulang yang patah. Juga diharapkan mempercepat proses pemulihan Marquez. Namun Marquez tidak mungkin ikut balapan MotoGP Andalusia 2020, di Sirkuit Jerez, Minggu (26/7), karena butuh waktu lebih lama memulihkan cederanya.

“Kami memasang pelat titanium generasi terbaru, yang istimewa dan disebut pelat terkunci karena sekrup tidak hanya menempel pada tulang tetapi juga ke pelat. Ini adalah sistem yang digunakan di seluruh dunia dan akan memberikan stabilitas karena memiliki sepuluh sekrup, lima di atas patahan sedangkan lima di bawah,” ujar Xavier, dari Tutto Motori Web, Rabu (22/7).

“Jika saraf terpengaruh, semua akan menjadi rumit karena saraf memiliki proses pemulihan yang cukup lama, yang bahkan bisa berlangsung salama enam bulan. Yang fantastis, kami dapat memperbaikinya dengan pelat titanium,” tutur Xavier.

Kini Honda akan mengandalkan adik Marquez, Alex Marquez, untuk mendapatkan hasil terbaik pada balapan kedua musim ini. Namuun Honda tidak dapat berharap banyak pada Alex yang debutan pada musim ini. Alex masih beradapasi dengan segala hal di MotoGP.

Meski begitu, El Pistolero –julukan Alex– mungkin saja membuat kejutan di MotoGP Andalusia 2020. Bagaimana pun, Alex adalah juara Moto2 musim lalu. Alex bisa mendapatkan gelar karena memiliki kualitas sebagai pembalap. *

Komentar