nusabali

Dua Hari Tabanan Nihil Kasus, Masih Dirawat Tinggal 12 Orang

  • www.nusabali.com-dua-hari-tabanan-nihil-kasus-masih-dirawat-tinggal-12-orang

TABANAN, NusaBali
Gusus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Tabanan, Rabu (22/7), melaporkan dua hari berturut-turut nihil kasus baru Covid-19.

Kabar baiknya di hari yang sama dilaporkan 2 pasien sembuh. Dengan kondisi itu, pasien dalam perawatan karena Corona tinggal 12 orang. Juru Bicara GTPP Covid-19 Tabanan I Putu Dian Setiawan, menjelaskan sesuai dengan laporan, dua hari berturut-turut dari Selasa (21/7) sampai Rabu (22/7) nihil penambahan kasus. Selain melaporkan nihil kasus, GTPP Tabanan juga laporkan dua pasien sembuh. Pasien sembuh adalah perempuan usia 29 tahun asal Kecamatan Penebel yang sebelumnya menjalani isolasi di wilayah Denpasar, dan pasien perempuan usia 58 tahun asal Kecamatan Kediri yang sebelumnya menjalani isolasi di rumah sakit di wilayah Kabupaten Badung. “Pasien sudah pulang karena hasil swab sudah negatif, serta kondisinya telah stabil,” kata Dian Setiawan.

Dian Setiawan menambahkan selain melaporkan pasien sembuh, karantina terintegrasi Pekerja Migran Indonesia (PMI) sudah berkurang. Terbaru tinggal 2 PMI yang masih menjalani karantina. “Kami juga belum mengetahui apa ada lagi PMI yang pulang, yang jelas gugus tugas siap menangani,” tandas Dian Setiawan.

Sementara itu, Ketua Harian GTPP Covid-19 Tabanan I Gede Susila ketika dikonfirmasi mengenai rencana pembubaran GTPP Covid-19 oleh Presiden Joko Widodo, menyatakan masih menunggu arahan lebih lanjut.

Dia juga belum bisa menjelaskan teknis penanganan Covid-19 seperti apa lantaran petunjuk dari pusat belum ada. “Kami masih menunggu teknisnya seperti apa, karena belum ada petunjuk. Kita mengetahui baru dari media, formalnya belum kami terima,” katanya.

Kendati demikian, tugas dari Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional hampir sama dengan GTPP. “Petunjuk formal belum ada, informasi pembubaran sudah sampai ke daerah. Kalau sudah ada instruksi dari pusat daerah tinggal menyesuaikan,” tandas mantan Kepala Dinas Pendidikan ini.

Berdasarkan data GTPP Covid-19 Tabanan, karena dua hari Tabanan nihil kasus, secara akumulasi kasus positif Covid-19 mencapai 109 kasus. Dalam perawatan 12 orang, dinyatakan sembuh 95 orang, dan meninggal dunia 2 orang. *des

Komentar