nusabali

Marquez Sulit Pertahankan Gelar

Tim repsol Honda Tunggu Hasil Operasi

  • www.nusabali.com-marquez-sulit-pertahankan-gelar

JEREZ, NusaBali
Marc Marquez diprediksi sulit mempertahankan gelar juara dunia MotoGP musim ini. Pasalnya, rider Repsol Honda itu mengalami cedera parah seusai terjatuh pada seri pertama GP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (20/7).

Pada balapan itu, Marquez sempat tampil luar biasa setelah kehilangan kendali di lap kelima dan tercecer ke posisi 18. Namun, dia mampu memperbaiki posisinya dengan baik hingga kembali ke posisi ketiga. Namun, saat mencoba mengejar Maverick Viñales di posisi kedua, Marquez justru terlempar dari motor yang ditungganginya di tikungan ketiga.

Naasnya, insiden itu ternyata berdampak sangat buruk untuk Marquez. Pembalap asal Spanyol tersebut mengalami patah lengan kanan karena terhantam ban motornya. Kondisi itu membuatnya terpaksa harus menjalani operasi di Barcelona, Spanyol, Selasa (21/7). Dia pun berharap proses penyembuhannya bisa berjalan lancar dan secepatnya bisa kembali menjalani balapan pada seri berikutnya.

“Kadang semua tak terjadi seperti yang Anda inginkan. Namun, hal terpenting adalah segera bangkit dan melupakannya. Saya harap kalian menikmati kebangkitan saya. Untuk saat ini saya akan dioperasi pada Selasa (21/7) dan memperbaiki patah tulang lengan kanan. Saya berjanji kepada kalian semua bahwa saya akan segera kembali secepat mungkin, bahkan menjadi lebih baik,” tulis Marquez pada akun media sosialnya dilansir autosport.

Meski begitu, Marquez tampaknya membutuhkan waktu lebih untuk bisa kembali ke lintasan. Hal itu dikatakan spesialis traumatologi MotoGP, Xavier Mir. Dia mengungkapkan, jika Marquez mengalami cedera yang parah. Rider berusia 26 tahun itu diprediksi tidak akan bisa balapan lagi di Sirkuit Jerez yang berlangsung pada akhir pekan depan.Direktur Medis MotoGP Angel Charte menyarankan sang juara bertahan untuk beristirahat dan fokus menjalani pemulihan cederanya itu. Dia juga memberikan masukan kepada Marquez untuk kembali balapan pada seri ketiga di Sirkuit Brno atau bahkan seri keempat di Red Bull Ring. Jika itu terjadi, peluang untuk tetap mempertahankan gelar juara dunia MotoGP 2020 semakin sulit.

Sementara itu Tim Repsol Honda mencoba untuk mengatasi masalah agar tidak kehilangan 50 poin potensial pada dua balapan pembuka MotoGP musim ini. Manajer Alberto Puig  menjelaskan bahwa tim baru bisa memberikan informasi lebih jauh terkait apakah The Baby Alien bakal mengaspal di lintasan sepanjang 4,4 km pada akhir pekan ini, setelah kakak kandung Alex Marquez itu menyelesaikan operasi di Rumah Sakit Universitari Dexeus, Barcelona. "Sekarang kami menghadapi tantangan dari cedera Marc, tetapi ini adalah balapan. Kami adalah tim yang kuat dan entah bagaimana, kami akan mengatasi," kata Puig dikutip dari Crash.

"Ketika Anda memiliki pembalap yang cedera hampir tidak ada yang positif. Tetapi di sisi lain, semua orang melihat dan memahami level Marc di Jerez. Di Qatar [tes] beberapa orang memiliki keraguan tentang kinerja Marc. Di Jerez, dia lebih dari jelas bahwa tidak ada tanda tanya tentang ini. Paketnya, Honda RC213V dan dirinya sendiri, jelas dua langkah di depan," ungkap Puig. *

Komentar