nusabali

Albesia Tumbang Timpa 3 Bangunan

  • www.nusabali.com-albesia-tumbang-timpa-3-bangunan

AMLAPURA, NusaBali
Pohon albesia diperkirakan berumur40 tahun dengan tinggi 30 meter dan diameter 1 meter tumbang menimpa rumah dan dapur milik 3 kepala keluarga di Banjar Sindu Bali, Desa Sinduwati, Kecamatan Sidemen, Karangasem, Selasa (21/7) sekitar pukul 09.00 Wita.

Total kerugian diperkirakan mencapai Rp 23 juta. Sebelum tumbang, kawasan Desa Sinduwati dan sekitarnya diguyur hujan lebat.

Pohon albesia tumbang di utara Kantor Desa Sinduwati. Di antara pangkal albesia dengan pemukiman penduduk dibatasi sawah, sehingga bangunan penduduk ditimpa bagian ranting-ranting pohon. Rumah milik Abdullah, 55, rusak pada atap genting bagian pojok belakang, kerugian diperkirakan mencapai Rp 1 juta. Rumah milik Budi'ah, 55, dapurnya ringsek, atap bangunan tempat tidur belakang juga rusak. Kerugian sekitar Rp 20 juta. Sedangkan dapur milik Saidah, 44, di antai II yang beratap seng, belakangnya jebol tertimpa dahan pohon.

Pohon albesia yang roboh itu milik Ida Bagus Jagra, 55, PNS dari Banjar Punia, Desa Sinduwati, Kecamatan Sidemen. Menurut keterangan saksi Sugeng Darmono, 55, pagi itu memperbaiki plafon rumah karena ada yang bocor. Tiba-tiba dikejutkan suara dentuman keras hingga bergetar. Setelah turun dari plafon, korban melihat ada albesia besar yang roboh. Sugeng Darmono lalu minta tolong ke tetangganya agar dahan dan ranting pohon segera disingkirkan. Warga melaporkan ke Polsek Sidemen dan BPBD Karangasem.

Kapolsek Sidemen AKP I Nyoman Artadana yang mengoordinasikan anggotanya langsung turun ke lokasi sembari membawa chainsaw. Mengingat ranting pohon menimpa kabel PLN, maka petugas BPBD dikoordinasikan Kalak BPBD Ida Ketut Arimbawa berkoordinasi dengan petugas PT PLN agar aliran listrik diputus untuk sementara. Setelah aliran listrik dimatikan dan aman untuk bekerja, Kapolsek Sidemen AKP I Nyoman Artadana bersama petugas BPBD memotong dahan dan ranting pohon guna meminimalkan terjadinya kerugian.

Menyusul datang Kapolres Karangasem AKBP Ni Nyoman Suartini bersama Wakapolres Kompol Aris Purwanto menginstruksikan agar mengoptimalkan melakukan pembersihan. Hadir di lokasi, Perbekel Sinduwati I Nengah Rumana dan segenap perangkat Desa Sinduwati. Kapolres AKBP Ni Nyoman Suartini menyerahkan bantuan sembako kepada 3 KK yang rumahnya tertimpa pohon albesia. “Kita mesti melakukan koordinasi kepada pemilik pohon, yang pohonnya telah tua sebaiknya ditebang agar tidak menimbulkan bahaya," jelas AKBP Ni Nyoman Suartini.

Imbauan Kapolsek AKBP Ni Nyoman Suartini diapresiasi Kalak BPBD Ida Ketut Arimbawa. "Saya telah lama bersurat ke delapan camat, agar warga yang memiliki pohon di pinggir jalan telah berusia tua sebaiknya direlakan ditebang. Kami sanggup membantu menebang demi keselamatan bersama,” jelas Ida Ketut Arimbawa. *k16

loading...

Komentar