nusabali

Demer Nilai Komite Pengendalian Covid-19 Efektif

  • www.nusabali.com-demer-nilai-komite-pengendalian-covid-19-efektif

JAKARTA, NusaBali
Presiden Joko Widodo (Jokowi) membentuk Komite Kebijakan Pengendalian Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pada, Senin (20/7).

Para Menteri Koordinator (Menko) dan sejumlah menteri masuk di komite tersebut. Komite sendiri diketuai Menko Perekonomian Airlangga, Hartarto. Terkait pembentukan komite ini, Wakil Ketua Komisi VI DPR RI asal Dapil Bali, Gede Sumarjaya Linggih atau biasa disapa Demer, mengatakan terbentuknya komite itu sangat bagus. "Karena jelas wewenang dan tanggung jawabnya serta jelas desain kebijakan dan pelaksanaannya, sehingga tidak ada tumpang tindih lagi antar kementerian," ujar Demer saat dihubungi NusaBali, Selasa (21/7).

Apalagi penentu kebijakan adalah para Menko yang diketuai langsung oleh Airlangga Hartarto. Kemudian Ketua Pelaksana komite adalah Menteri BUMN, Erick Thohir sehingga semakin efektif dan efisien dalam penanganan pandemi Covid-19 maupun pemulihan ekonomi nasional.

"Saya yakin dengan susunan seperti itu, penanganan berlangsung simultan baik dari sisi kesehatan, pemulihan ekonomi maupun ketahanan pangan," ucap politisi Golkar ini. Ketika disinggung apakah akan mempengaruhi kinerja para Menko dan Menteri sehari-hari ketika mereka bergabung di komite tersebut.

Demer menuturkan, masuknya mereka di komite tidak mengganggu kinerja sehari-hari. Justru lebih memudahkan mereka melakukan koordinasi. Sebab, tugas dan wewenang mereka jelas dan tidak terpecah-pecah. Demer berharap, komite segera mengambil langkah strategis untuk menangani kondisi saat ini.

"Dengan adanya pembagian kewenangan secara hierarki dan garis komando yang jelas, saya kira penanganan pandemi Covid-19 akan cepat selesai," papar pria yang sudah empat periode menjadi wakil rakyat ini di Senayan (2004-2009, 2009-2014, 2014-2019 dan 2019-2024).

Untuk diketahui Komite Kebijakan Pengendalian Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) diketuai Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Lalu Wakil Ketua 1 Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Wakil Ketua 2 Menko Polhukam Mahfud MD, Wakil Ketua 3 Menko PMK Muhadjir Effendy, Wakil Ketua 4 Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Wakil Ketua 5 Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan Wakil Ketua 6 Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Lalu Ketua Pelaksana Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Eksekutif 1 (program) Ekonom Raden Pardede, Sekretaris Eksekutif 2 (adminstrasi) Sesmenko Perekonomian Susiwijono, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kepala BNPB Doni Monardo dan Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin. *k22

loading...

Komentar