nusabali

HUT RI di Karangasem Tanpa Paskibraka

  • www.nusabali.com-hut-ri-di-karangasem-tanpa-paskibraka

AMLAPURA, NusaBali
Perayaan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia di Karangasem tanpa melibatkan Paskibraka (pasukan pengibar bendera pusaka).

Meski Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem telah melaksanakan seleksi, namun hasil seleksi dibatalkan. Pengibaran bendera nantinya hanya melibatkan 3 orang yang diambil dari anggota Paskibraka 2019.

Kadisdikpora Karangasem, I Gusti Ngurah Kartika, mengatakan tiga orang pengibar bendera itu yakni 1 siswi dan 2 siswa. Perayaan HUT Kemerdekaan RI digelar pukul 07.00 Wita sebelum HUT RI di Istana Negara. Peserta upacara HUT RI sangat terbatas, mengedepankan protokol kesehatan. Perayaan HUT RI mengacu Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia Nomor B-492/M/Sesneg/Set/TU.00.04/07/2020, per 6 Juli 2020 tentang Pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Surat Edaran Disdikpora Karangasem Nomor 427/1436/KPO/Disdikpora per 16 Juli 2020. “Hasil seleksi Paskibraka dibatalkan,” ungkap Gusti Ngurah Kartika, Senin (20/7).  Setelah Paskibraka ditiadakan, anggaran Paskibraka dialihkan untuk penanganan Covid-19. Surat edaran yang diterbitkan juga telah diedarkan ke sekolah-sekolah, terutama asal siswa yang lolos masuk anggota Paskibraka. Kabid Pemuda dan Olahraga Disdikpora Karangasem, I Wayan Putu Susila, menegaskan dengan tidak adanya Paskibraka di HUT Kemerdekaan RI, maka tidak ada latihan rutin. “Hanya melatih tiga siswa bertugas mengibarkan bendera,” jelas Wayan Putu Susila. *k16

Komentar