nusabali

Dibangun Tiga Lantai, Bisa Tampung 600 Motor

AP I Tambah Tempat Parkir Kendaraan Roda 2 di Bandara Ngurah Rai

  • www.nusabali.com-dibangun-tiga-lantai-bisa-tampung-600-motor

MANGUPURA, NusaBali
Angkasa Pura I selaku pengelola Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Tuban, Kecamatan Kuta, Badung, menambah lahan parkir khusus kendaraan roda dua.

Kali ini, tempat parkir yang dibangun di sisi utara bandara itu direncanakan tiga lantai dan bisa menampung 600 kendaraan roda dua. Pembangunan itu dijadwalkan rampung pada akhir Desember 2020 ini.

Communication and Legal Manager Angkasa Pura I Andanina Dyah Permata Megasari, menerangkan pembangunan gedung parkir motor ini sebagai upaya meningkatkan kapasitas parkir kendaraan roda dua di Bandara Ngurah Rai. Selama ini, untuk parkir kendaraan roda dua khusus di area parkir terbuka bisa menampung 2.254 motor. Dengan adanya pembangunan gedung parkir bertingkat yang berada di sebelah timur parkiran terbuka itu, bisa menambah daya tampung 600 kendaraan lagi. “Iya, kalau pembangunan itu memang untuk menambah kapasitas parkir kendaraan bermotor. Untuk lokasinya berada tepat di area parkir terbuka itu. Kalau sudah selesai, gedung itu menambah kapasitas parkir sampai 2.854 motor,” kata Andanina saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, Senin (20/7) sore.

Dijelaskannya, pembangunan gedung parkir itu dilakukan sejak awal Juli 2020 dan dijadwalkan rampung pada Desember mendatang. Gedung parkir itu dibangun tiga tingkat dengan kapasitas parkir 200 kendaraan setiap tingkatnya. Untuk bangunan akan menggunakan besi baja seperti gedung parkir bertingkat khusus motor yang sudah ada di bandara. Keberadaan gedung parkir bertingkat ini, nantinya lebih dekat dengan akses ke bandara, karena berada tepat di sisi utara pos tiket ke luar mobil. “Saat pembangunan gedung parkir bertingkat itu, parkir motor tetap ada di parkiran terbuka itu. Namun demi kenyamanan dan keamanan, untuk lokasi yang hendak dibangun dipasangi penutup atau plang,” imbuh Andanina.

Di sisi lain, Angkasa Pura I juga sudah melakukan berbagai pembenahan bagi pengguna jasa bandara khususnya yang menggunakan kendaraan roda dua. Sepanjang jalan masuk menuju terminal kedatangan dan keberangkatan domestik, sudah dipasang kanopi. Sehingga, para pengguna jasa maupun pengantar atau penjemput sudah bisa menggunakan fasilitas tersebut. “Kanopi sudah selesai dipasang khusus di dekat area parkiran mobil hingga ke area kedatangan dan keberangkatan. Sehingga pengguna jasa bandara terlindung dari terik matahari dan juga hujan,” ungkap Andanina.

Salah seorang penjemput bernama Angga, 27, mengapresiasi upaya pembangunan gedung parkir motor bertingkat yang ada di dekat akses menuju bandara itu. Dengan rampungnya fasilitas itu, tentu memudahkan penjemput atau pengantar lebih dekat dengan bandara. Pun dengan keberadaan kanopi itu, dinilainya bagian dari upaya pengelola bandara memberikan pelayanan terbaik kepada semua pengguna jasa. “Kalau untuk parkir tingkat, itu memudahkan akses bagi kita yang menggunakan sepeda motor, jadi lebih dekat. Nah, saat kita menuju bandara juga sudah tidak kepanasan lagi, sudah dipasang kanopi itu. Ya, memang harus diperhatikan semua, bukan bagi yang menggunakan mobil saja, tapi kita yang naik motor juga diperhatikan seperti ini,” ungkap pria yang kemarin menjemput kerabatnya dari Jakarta. *dar

Komentar