nusabali

Perairan Membaik, Nelayan Panen Hiu ‘Lontek’

  • www.nusabali.com-perairan-membaik-nelayan-panen-hiu-lontek

Kondisi perairan Nusa Penida dan Kusamba, belakangan ini diperkirakan sudah membaik untuk ikan. Itu ditandai dengan panen ikan yang dialami para nelayan di sana.

SEMARAPURA, NusaBali
Tak hanya ikan yang sudah umum, seperti jenis ikan tongkol (bahan baku pindang), namun juga jenis ikan hiu. Panen ikan hiu sudah mulai ramai sejak dua pekan lalu.

I Made Kasta, salah seorang  warga pesisir di Nusa Penida, menuturkan jenis hiu yang banyak muncul adalah jenis hiu ‘lontek’ . Yang dimaksud adalah spisies hiu, dengan panjang sekitar 1,5 meter. Hiu lontek, ditandai dengan ekor panjang, sehingga disebut hiu lontek (umbul-umbul). “Sudah sejak setengah bulan lalu, banyak hiu muncul,” ungkap Kasta.

Dari pantauan di Pesisir Kusamba, Rabu (18/11), ikan hiu lontek ini beberapa diantaranya diturunkan dari sampan barang dari Nusa Penida. Hanya karena jarang-jarang  ditemukan atau berkala, hiu tangkapan nelayan menjadi tontonan warga. “Gede juga ukurannya,” ucap seorang warga. Dari penuturan nelayan, hiu itu dijual di pasar lokal, biasanya untuk menu masakan laut.

Sebelumnya, I Nyoman Lanis, seorang nelayan di Kusamba, menyatakan belakangan ikan sudah mulai didapat para nelayan. “Sebelumnya sempat sepi lama,” ujar Lanis. Dia pun yakin, ramainya ikan, khususnya jenis ikan tongkol, karena pencurian ikan dan penangkapan ikan dengan pukat harimau, berkurang. “Kalau dulu masih dibiarkan, tak ada ikan. Karena semua disaip (terjaring),” ujar Lanis,  yang mengaku para nelayan kini mulai bergairah.

Komentar