nusabali

6 Pasien Covid-19 di Tabanan Sembuh, Positif Hanya 1 Kasus

Di Karangasem Sehari Kemarin Tambah 5 Kasus Baru

  • www.nusabali.com-6-pasien-covid-19-di-tabanan-sembuh-positif-hanya-1-kasus

TABANAN, NusaBali
Kabupaten Tabanan tambah 1 pasien positif Covid-19 pada, Minggu (19/7). Tambahan satu pasien ini adalah seorang pelajar yang ditulari oleh keluarganya yang seorang tenaga kesehatan, yakni perawat.

Pasien pelajar usia 16 tahun ini tinggal di perumahan di Kecamatan Kerambitan. Meskipun demikian di hari yang sama, kabar baiknya Tabanan laporkan 6 pasien sembuh sekaligus. Dengan kondisi itu total pasien masih dalam perawatan sebanyak 16 orang, dinyatakan sembuh 91 orang, meninggal 1 orang. Sementara secara akumulasi total pasien positif Covid-19 berjumlah 108 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Tabanan, I Putu Dian Setiawan, menjelaskan pelajar yang positif ini ditulari oleh keluarga yang sudah lebih dulu dinyatakan positif. Kondisi pasien tanpa gejala dan stabil. “Pasien sudah menjalani isolasi di UPTD RS Nyitdah,” tegasnya.

Kata Putu Dian Setiawan penambahan pasien positif untuk Tabanan berkurang. Bahkan pada, Sabtu (18/7) tidak ada penambahan kasus. Tentu kondisi ini diharapkan terus terjadi. “Kami berharap kasus segera mereda, apalagi Tabanan segera akan menyambut Tabanan Aman dan Produktif,” jelasnya.

Menurut Dian Setiawan, selain adanya penambahan 1 pasien, Tabanan juga melaporkan 6 pasien sembuh. Pasien sembuh ini 4 orang berasal dari Kecamatan Kediri, 1 orang dari Kecamatan Pupuan, dan 1 orang lagi asal Kecamatan Marga. “Pasien yang sembuh ini sebelumnya menjalani isolasi di UPTD RS Nyitdah dan hotel sebagai tempat karantina pasien yang tanpa gejala,” bebernya.

Kemudian mengenai kondisi klinik di Kecamatan Pupuan yang sebelumnya ditutup karena 14 tenaga kesehatan menjalani swab, klinik sudah dibuka Senin (20/7). Sebab hasil swab kedua yang dilakukan 14 nakes dinyatakan negatif. “Besok (hari ini) layanan sudah bisa dibuka kembali,” tandasnya.

Sementara dari Kabupaten Karangasem dilaporkan per Minggu kemarin ada penambahan 5 kasus positif Covid-19, semuanya transmisi lokal dan semuanya lanjut usia dengan gejala berat. Sementara pasien sembuh sebanyak 6 orang, sehingga terakumulasi di Karangasem sebanyak 165 positif Covid-19 yang telah sembuh total 105 orang dan yang masih menjalani perawatan sebanyak 60 orang.

Koordinator Bidang Kesehatan GTPP (Gugus Tugas Percepatan Penanganan) Covid-19 Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama, di Amlapura, Minggu kemarin mengatakan dari 5 kasus positif Covid-19 yang terbaru, yakni perempuan umur 51 tahun dari Desa Sengkidu, Kecamatan Manggis, jenis kelamin laki-laki umur 76 tahun dari Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem, laki-laki umur 62 tahun dari Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem, laki-laki umur 57 dari Desa Pidpid, Kecamatan Abang, laki-laki umur 51 tahun, dari Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem semuanya gejala berat, datang dengan disertai penyakit bawaan. Hanya pasien yang terakhir dirawat di Bapelkes Denpasar, empat lainnya di RSUD Karangasem.

Gusti Bagus Pertama yang juga Kadis Kesehatan Karangasem ini pun mengimbau warga selalu waspada. "Virus corona ini telah berada di sekitar kita, makanya jangan lengah, lindungi diri dengan cara selalu pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak," katanya. *des, k16

Komentar