nusabali

Ramah Lingkungan, Resto di Tegallalang Pasang 250 Biopori

  • www.nusabali.com-ramah-lingkungan-resto-di-tegallalang-pasang-250-biopori

GIANYAR, NusaBali
Sebuah usaha restoran Bali Funtastic Resto di Jalan Tirta Tawar, Banjar Tegal, Desa Tegallalang, Kecamatan Tegallalang, Gianyar. mengklaim sebagai usaha ramah lingkungan.

Karena restoran ini memasang 250 biopori (lubang resapan air dan composting) di area resto. Di tempat ini sedang digarap Patung Dewi Sri setinggi 8,5 meter berbahan ambengan atau ilalang.

Pemilik resto, I Made Ardana, beberapa waktu lalu, menjelaskan 250 lobang biopori ini sekaligus menjadi penampungan sampah organik. Biopori ini sengaja dibuat sebagai resapan air dan sampah organik bisa dimasukan ke dalam lubang, yang nantinya bisa dimanfaatkan sebagai kompos untuk tanaman di sekitarnya. Sehingga, hanya sampah plastik yang dibawa keluar restoran. Itu pun, masih bisa disalurkan ke pengepul sampah.

"Pemerintah sedang giatkan pengolahan sampah. Saya ingin mengedukasi karyawan dan pengunjung tentang manfaat biopori. Sampah daun, sayur langsung masuk ke biopori. Sampah yang keluar hanya sampah plastik," jelas Made Ardana.

Guna menambah kesan ramah lingkungan, restoran seluas 26 are ini dibiarkan terbuka. Sisi barat maupun timurnya, masih berupa area persawahan yang asri. Terkait patung Dewi Sri, akan dibuat dalam posisi duduk. "Kalau posisi berdiri mungkin setinggi 17 meter. Tapi ini duduk, kira-kira 8,5 meter. Total bahan dari ambengan," jelasnya. Secara filosofi, Dewi Sri diyakini sebagai dewi yang menganugrahkan kesejahteraan. Tampak pula sebagai hiasan, sepasang patung budha tertawa. "Saya sih ndak terlalu paham secara filsafat, yang jelas saya melihat patung Budha tertawa itu sebuah kebahagiaan. Termasuk bentuk kolam, saya buat menyerupai angka 8, bagi saya itu hoki sebuah angka yang tidak akan putus," imbuhnya.

Meski terkesan modern, restoran ini juga menyajikan menu tipat cantok dan aneka rujak. Menyambut new normal, pengunjung yang akan datang ke “Bali Funtastic Resto” tetap dengan protokol kesehatan. Yakni, menjaga kesehatan diri, datang dengan kondisi yang  baik tetap untuk menggunakan masker, sebelum masuk wajib mencuci tangan pada tempat yang telah disediakan, serta tetap menjaga jarak. *nvi

Komentar