nusabali

Coklit di Kabupaten Karangasem, KPU dan Bupati Pakai Face Shield

  • www.nusabali.com-coklit-di-kabupaten-karangasem-kpu-dan-bupati-pakai-face-shield

AMLAPURA, NusaBali
KPU Karangasem mengawali tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) jelang Pilkada Karangasem pada 9 Desember 2020, Sabtu (18/7).

Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat KPU Karangasem Ni Putu Deasy Natalia yang mendapat tugas melakukan coklit di kediaman Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri di Lingkungan Gede/Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem. Saat coklit berlangsung, bupati dan anggota KPU memakai face shield.

Sebelum coklit dilaksanakan, pada Sabtu pagi KPU menggelar apel di Kantor Lurah Subagan, Kecamatan Karangasem, dipimpin anggota KPU Bali I Gede John Darmawan. Tujuan apel untuk mengecek perlengkapan petugas sebelum bergerak ke lapangan, dengan menghadirkan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP). Seusai apel, lima anggota KPU Karangasem menyebar di delapan kecamatan melaksanakan coklit.

Di kediamannya, Bupati Mas Sumatri dan suaminya I Gusti Made Tusan langsung melakukan pencocokan data yang terdapat dalam daftar pemilih dengan identitas kependudukan yang dimiliki calon pemilih, berupa KTP elektronik.

Seusai coklat, petugas PPDP yang juga Kepala Lingkungan Gede I Gusti Nyoman Ngurah menempelkan stiker di pintu rumah, sebagai bukti petugas telah melakukan coklit di rumah Bupati Karangasem.  

Deasy Natalia mengatakan, coklit itu tujuannya untuk memastikan calon pemilih telah terdaftar. “Jika ada calon pemilih yang belum terdaftar agar dilaporkan saat coklit berlangsung, kemudian petugas mendaftarkan,” ucap Deasy Natalia. Menurut dia, coklit berlangsung pada 15 Juli hingga 13 Agustus 2020.

Di kesempatan itu, Bupati Mas Sumatri mengajak masyarakat proaktif mengecek identitasnya di dalam daftar pemilih, memastikan diri telah terdaftar. “Harapannya, partisipasi masyarakat di Pilkada Karangasem menjadi optimal,” kata Bupati Mas Sumatri. *k16

loading...

Komentar