nusabali

RSUP Sanglah Layani Tes PCR 450-1.000 Spesimen Per Hari

Hasil Paling Lambat Tiga Hari

  • www.nusabali.com-rsup-sanglah-layani-tes-pcr-450-1000-spesimen-per-hari

DENPASAR, NusaBali
RSUP Sanglah Denpasar sebagai rumah sakit terbesar di Bali sekaligus menjadi salah satu rumah sakit rujukan Covid-19 saat ini melayani tes Polymerase Chain Reaction (PCR) sekitar 450 sampai 1.000 spesimen setiap harinya.

Selama masa Covid-19 hingga bulan Juni 2020, sudah lebih dari 29 ribu specimen yang diperiksa. “Kemampuan untuk tes PCR per hari rata-rata 450 sampai 1.000 spesimen. Sedangkan jumlah sampel yang diuji terhitung dari Maret sampai Juni ada 29.002,” ujar Kasubbag Humas RSUP Sanglah, Dewa Ketut Kresna.

Dia mengungkapkan, jika dalam proses tes PCR tersebut, ditemukan kondisi-kondisi tertentu maka pemeriksaan paling lama dilakukan sampai dua sampai tiga hari. “Idealnya dilakukan satu hari saja, tapi kalau ada sesuatu hal, terus sampel banyak bisa dua sampai tiga hari prosesnya,” katanya.

Sementara itu, menurut Koordinator Laboratorium Mikrobiologi RSUP Sanglah, dr I Nengah Tony Rustawan, hasil pemeriksaan laboratorium PCR Covid-19, biasanya dikeluarkan satu hari. “Apabila ada kondisi-kondisi tertentu misalnya terjadi pemeriksaan yang hasilnya inklunklusif maupun indeterminate, itu diperlukan pemeriksaan lebih lama disamping memang jumlah sampel yang banyak karena situasi wabah saat ini,” ungkap dr Tony.

Laboratorium Mikrobiologi RSUP Sanglah menyiagakan petugas diantaranya terdiri dari enam dokter spesialis mikrobiologi klinik, sembilan analis, lima tenaga administrasi, dua orang cleaning service dan sembilan relawan. “Kami mengimbau bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanaan PCR, untuk mengantisipasi hal ini agar melakukan pemeriksaan lebih awal,” tandasnya. *ind

loading...

Komentar