nusabali

Operasi Aman Nusa Fokus ke Pemulihan Covid-19

  • www.nusabali.com-operasi-aman-nusa-fokus-ke-pemulihan-covid-19

MANGUPURA, NusaBali
Polres Badung melibatkan 32 personel dalam Operasi Aman Nusa yang digeler secara serentak 13 Juli sampai 24 Juli.

Puluhan personel ini beroperasi untuk mendisiplinkan masyarakat berkaitan dengan Covid-19. Dalam menjalankan tugasnya Satgas yang membawahi subsatgas Binluh ini berkoordinasi dengan 183 personel lainnya yang dilibatkan dalam Operasi Aman Nusa yang tersebar di tiap Polsek.

Kabag Ops Polres Badung Kompol Wayan Suana dikonfirmasi, Senin (13/7) mengatakan Operasi Bina Kusuma Agung 2020 ini berkonsentrasi untuk memulihkan kembali situasi masalah Covid-19. Sebelum operasi ini mulai telah melewati tahapan-tahapan utamanya tekait teknis operasi. Meskipun operasi ini setiap tahunnya digelar tetapi tahun ini berbeda tahun ini fokus pemulihan Covid-19.

“Tadi pagi (kemarin pagi) pelaksaanan operasi ini sudah dibuka secara resmi oleh ibu Wakapolres. Jumlah personel yang dilibatkan dalam operasi sebanyak 32 orang. Itu terdiri dari satu Satgas yang membawahi subsatgas Binluh. Di sana ada intelijen dan Binmas,” tuturnya.

Operasi ini difokuskan bagaimana mendisiplikan masyarakat dalam rangka menyongsong tatanan Bali era baru yang dicanangkan pemerintah. Yang disasar adalah pasar, restoran, mal, dan tempat wisata. Tujuannya agar di tempat-tempat itu memerhatikan protokol kesehatan. Di restoran yang biasanya menampung 50 pengunjung misalnya dikurangi menjadi 25. Itu harus dimulai oleh pemilik restoran.

“Pola pendisiplinan dilakukan dengan pendekatan terhadap petugas pasar, restoran, mal, dan tempat wisata. Nantinya merekalah yang menyampaikan kepada pengunjung. Dalam hal ini kami tidak bisa bekerja sendiri. Kami juga menggandeng TNI, Pol PP, dan tokoh-tokoh masyarakat,” tutur Kompol Suana.

Lebih lanjut Kompol Suana mengatakan 32 personel yang ditugaskan dalam Operasi Bina Kusuma ini dalam menjalankan tugasnya berkoordinasi dengan personel Operasi Aman Nusa yang saat sedang berlangsung. Di badung personel Operasi Aman Nusa sebanyak 183 personel. Ratusan personel itu tersebar di polsek-polsek.

“Saya rasa kita semua berharap agar masalah Covid-19 ini segera bisa diatasi. Kuncinya adalah sinergitas kita semua. Tidak bias hanya mengharapkan tim medis atau kepolisian. Ini kerja kia semua. Saya berharap kesadaran masyarakat tertanam dalam benak,” tandasnya. *pol

Komentar