nusabali

Pasar Tenten yang Buka Jam 4 Pagi Akan Ditertibkan

  • www.nusabali.com-pasar-tenten-yang-buka-jam-4-pagi-akan-ditertibkan

GIANYAR, NusaBali
Jam buka pasar menyambut tatanan kehidupan era baru di Kabupaten Gianyar tidak berubah.

Pasar diimbau tetap buka mulai pukul 07.00 Wita dan tutup pukul 14.00 Wita.  Hal itu ditegaskan Bupati Gianyar, Made ‘Agus’ Mahayastra saat jumpa media beberapa waktu lalu. Menurut Mahayastra, tatanan hidup baru bukan berarti segala aktifitas bisa kembali normal. Seperti misalnya aktifitas pasar. Maka itu, jika ada pasar dadakan atau pasar tenten yang buka subuh akan segera ditertibkan. "Secara aturan, Bupati tidak boleh mengizinkan jam buka pasar di bawah pukul 07.00 Wita," tegasnya.

Terlebih saat pandemi Covid-19, aturan jam buka pasar ini diatensi ketat oleh instansi terkait. Bahkan pecalang ikut berjaga setiap pagi, agar pedagang dan pengunjung pasar menaati aturan tersebut. "Kemarin (saat pandemi, red) kita keraskan karena pagi sangat rawan (penyebaran virus). Era new normal ini kita perlunak, toleransi buka pukul 06.00 Wita. Jika ternyata ada yang buka pukul 04.00 Wita, kita akan tertibkan," ujarnya.

Bupati asal Payangan ini meminta kepada masyarakat agar bersabar demi kebaikan bersama.  "Sabar dulu, mencari baik itu perlu proses," ujarnya. Pihaknya juga memberi contoh toko-toko di kota besar yang taat mulai buka pukul 10.00 waktu setempat. "Kalau nanti Pasar Gianyar sudah jadi, gampang ngatur jam buka. Jaga aja di pintu masuk. Tapi Pasar Tenten, termasuk pasar relokasi Samplangan memang agak sulit karena pintu masuk dari mana-mana," ungkapnya.

Di samping menekan penyebaran virus, penertiban Pasar Tenten akan dilakukan agar tidak menimbulkan kecemburuan dengan pedagang pasar lain. *nvi

Komentar