nusabali

Polsek Kubu Tanam Hortikultura di Lahan Gersang

  • www.nusabali.com-polsek-kubu-tanam-hortikultura-di-lahan-gersang

AMLAPURA, NusaBali
Anggota Polsek Kubu, Karangasem mengembangkan tanaman hortikultura di lahan gersang seluas 3 are di Banjar/Desa Kubu, Kecamatan Kubu, Karangasem.

Lahan itu milik I Nengah Raba. Anggota menyiram kebun setiap hari menggunakan air dari Perumda Tirta Tohlangkir. Kebun itu diisi tanaman bawang, terong, cabai, tomat, dan ubi kayu. Bibit didatangkan dari Bangli.


Kapolsek Kubu, AKP I Nengah Sona, mengatakan ada arahan dari Kapolres Karangasem AKBP Ni Nyoman Suartini agar setiap Polsek se-Karangasem mengembangkan tanaman ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19. Meski di wilayah hukum Polsek Kubu dikenal gersang, tetap berupaya menaman hortikultura bekerjasama dengan pemilik lahan I Nengah Raba. Setelah ada lahan, anggota menggemburkan tanah dan mendatangkan bibit dari Bangli. “Setelah ditanam dan disiram dengan cukup air, bisa tumbuh subur. Kalau saja air berkecukupan, lahan di Kecamatan Kubu jadi subur," jelas AKP I Nengah Sona.

AKP I Nengah Sona ingin memotivasi warga agar memanfaatkan lahannya. “Anggap saja pengembangan tanaman ketahanan pangan ini sebagai demplot, agar dicontoh warga sekitar,” harap AKP I Nengah Sona. Seluruh anggota Polsek Kubu diberdayakan untuk menjaga dan merawat tanaman itu dengan menyiram kebun setiap hari. Apalagi tanaman itu telah tumbuh subur. Pemilik lahan I Nengah Raba mensyukuri lahannya dimanfaatkan untuk tanaman hortikultura. “Paling tidak di setiap musim hujan bisa dimanfaatkan untuk tanam hortikultura,” kata I Nengah Raba.*k16

loading...

Komentar