nusabali

Julie Laiskodat Pimpin NasDem Bali

Berseteru, Oka Gunastawa dan Seri Jayanti Sama-sama Lengser

  • www.nusabali.com-julie-laiskodat-pimpin-nasdem-bali

Julie Sutrisno Laiskodat yang ditunjuk sebagai Ketua DPW NasDem Bali merupakan istri dari Gubernur NTT, Victor Laiskodat

DENPASAR, NusaBali    
Perseteruan antara Ketua DPW NasDem Bali Ida Bagus Oka Gunastawa vs Seketaris DPW NasDem Bali, Ni Putu Nopi Seri Jayanti, berakhir draw. Keduanya dilengserkan dari kepengurusan DPW NasDem Bali, karena tidak kunjung mau rekonsiliasi jelang Pilkada 2020 serentak. Tampuk pimpinan partai di Bali pun diambil-alih DPP NasDem, dengan mengangkat Julie Sutrisno Laiskodat sebagai Ketua DPW NasDem Bali, Selasa (14/7).

DPP NasDem sudah resmi menunjuk Julie Sutrisno Laiskodat sebagai Ketua DPW NasDem Bali 2020-2025. Julie Sutrisno Laiskodat saat ini menjabat sebagai Ketua Pemenangan Pemilu Wilayah Bali-NTB-NTT DPP NasDem, selain juga duduk di Fraksi NasDem DPR RI Dail Nusa Tenggara Timur (NTT). Julie Sutrisno Laiskodat merupakan Stikandi Politik yang notabene istri dari Gubernur NTT, Victor Laiskodat.

Sumber NusaBali di internal NasDem menyebutkan, DPP NasDem secara khusus menurunkan tim ke Bali terkait gonjang-ganjing perseteruan antara IB Oka Gunastawa vs Putu Nopi Seri Jayanti. Tim DPP NasDem yang terjun ke Bali dikomandani langsung oleh Julie Sutrisno Laiskodat selaku Ketua Pemenangan Pemilu Wilayah Bali-NTB-NTT.

Saat terjun ke Bali, Selasa kemarin, Julie Liskodat telah membawa mandat penetapan dirinya sebagai Ketua DPW NasDem Bali 2020-2025. Selaku nakhoda partai, Julie Laiskodat juga diberikan kewenangan menyusun personalia lengkap kepengurusan DPW NasDem Bali 2020-2025.

"Artinya, akan ada perombakan besar-besaran dalam kepengurusan DPW NasDem Bali. Baik Oka Gunastawa maupun Nopi Seri Jayanti dilengserkan dari jabatannya di DPW NasDem Bali. Barusan (kemarin) selesai rapat di Kuta," ujar sumber NusaBali melalui telepon.

Disebutkan, Oka Gunastawa dan Nopi Seri Jayanti juga ikut dalam rapat di Kuta, Selasa kemarin. Begitu penetapan sebagai Ketua DPW NasDem Bali 2020-2025 dalam rapat tersebut, Julie Laiskodat sudah langsung konsolidasi.

Oka Gunastawa sendiri dipastikan akan fokus bertugas di DPP NasDem, pasca lengser dari kursi Ketua DPW NasDem Bali. Oka Gunastawa mnendapat job sebagai Ketua Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DPP NasDem. Sebaliknya, Nopi Seri Jayanti belum jelas posisinya pasca dilengserkan dari jabatan Sekretaris DPW NasDem Bali.

Sementara itu, Oka Gunastawa membantah ada peristiwa lengser melengserkan di DPW NasDem Bali. Menurut Oka Gunastawa, yang ada adalah penyegaran kepengurusan. Oka Gunastawa sendiri mengaku sudah dua kali periode memimpin DPW NasDem Bali.

“Karena sekarang saya ditugaskan ke DPP NasDem sebagai Ketua Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, maka harus ada yang mengisi posisi saya di DPW NasDem Bali. Apalagi, NasDem mau ikut Pilkada 2020 serentak. Jadi, hari ini (kemarin) disepakati akan ada penyegaran kepengurusan dan konsolidasi," tandas Oka Gunastawa saat dikonfirmasi NusaBali terpisah, Selasaa kemarin.

Oka Gunastawa menegaskan, Julie Laiskodat yang kini menjadi Ketua DPW NasDem Bali 2020-2025 merupakan kader mumpuni. Julie Laiskodat diyakini akan mampu membawa kemajuan bagi NasDem di Bali.

"Jadi, penunjukan beliau (Julie Laiskodat) sebagai Ketua DPW NasDem Bali sudah sangat tepat. Saya yakin di bawah kepemimpinan Ibu Julie Liskodat nanti, NasDem Bali akan makin kuat," jelas politisi asal Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem, Karangasem ini.

Oka Gunastawa juga merasa sangat yakin di bawah kepemimpinan Julie Laiskodat nanti, seluruh komponen partainya di Bali bisa disatukan. Termasuk, kubu Nopi Seri Jayanti, yang belakangan berseberangan dengan Oka Gunastawa.

"Yang jelas, kita berharap komponen partai bersatu. Ibu Julie Liskodat pasti akan ambil langkah yang tepat untuk kebesaran Partai NasDem di Bali. Saya sendiri berterima kasih kepada seluruh kader di Bali atas dukungan dan kerjasamanya selama ini," tegas mantan fungsionaris DPD I Golkar Bali di era Tjokorda Gede Budi Suryawan ini.

Sayangnya, hingga berita ini ditulis, Nopi Seri Jayanti belum berhasil dikonfirmasi NusaBali terkait pelengseran dirinya sebagai Sekretaris DPW NasDem Bali. Saat dihubungi per telepon kemarin, ponselnya bernada mailbox. Pesan WhatsApp (WA) yang dikirim NusaBali juga belum dibalas Nopi Seri Jayanti.

Sebelumnya, dua kubu di NasDem saling klaim sebagai pengurus yang sah, masing-masing kelompok Oka Gunastawa dan Luh Putu Nopi Seri Jayanti. Kedua kubu yang berseteru ini sempat sama-sama menggelar rapat di tempat berbeda di hari yang sama, Minggu, 21 Juni 2020 lalu.

Kala itu, kubu Oka Gunastawa menggelar rapat konsolidasi kepengurusan di Rumah Makan Bendega, Jalan Tjokorda Agung Tresna Niti Mandala Denpasar. Masuk dalam barisan Oka Gunastawa, antara lain, Bendahara DPW NasDem Bali I Gusti Bagus Eka Subagiartha dan Ketua Bappilu DPD NasDem Denpasar, Ida Bagus Bima.

Pada saat bersamaan, kubu Nopi Seri Jayanti juga menggelar rapat konsolidasi di Taman Jepun, Jalan Hayam Wuruk Denpasar. Masuk dalam barisan mereka, antara lain, Ketua DPD NasDem Denpasar Dewa Nyoman Budiasa, Wakil Ketua Bidang Pendidikan Politik DPW NasDem Bali Anak Agung Ngurah Gde Widiada, dan fungsionaris DPP NasDem Luh Djelantik. *nat

Komentar