nusabali

Espargaro Resmi Gabung Honda

Morbidelli Bertahan di Petronas Yamaha

  • www.nusabali.com-espargaro-resmi-gabung-honda

BARCELONA, NusaBali
Pol Espargaro resmi diboyong Honda dari KTM dengan kontrak dua tahun untuk memperkuat tim Repsol Honda mulai 2021.

Juara dunia Moto2 2013 itu akan jadi mitra tandem juara dunia delapan kali Marc Marquez, dengan motor RC213V Honda.

Demikian diumumkan di laman resmi Honda, Senin (13/7). Dengan demikian, Espargaro menggeser Alex Marcuez, yang juga adik Marc Marquez. Espargaro (29), adalah salah satu rider paling berpengalaman di grid setelah pertama kali turun pada 2006 dan mengikuti 104 GP kelas premier.

Sementara itu Honda Racing Corporation tetap mempertahankan Alex Marquez (24 tahun) dan memperpanjang kontrak rider Spanyol itu hingga 2022. Namun mulai musim depan, Alex akan memperkuat LCR Honda menggantikan Cal Crutchlow yang meraih tiga kemenangan dan 12 podium sejak gabung tim satelit Honda itu pada 2015.

"HRC memberiku kesempatan tiba di MotoGP dan saya senang bergabung tim LCR Honda pada akhir 2020 dan berkompetisi bersama tim besar dengan pengalaman yang luar biasa di MotoGP," kata Alex.

Sementara itu, Franco Morbidelli dikhabarkan tetap membela tim Petronas Yamaha SRT hingga 2022 setelah tim satelit asal Malaysia itu mengumumkan perpanjangan kontrak pebalap Italia tersebut pada Senin.

Morbidelli, salah satu didikan Valentino Rossi, menjadi rookie terbaik MotoGP pada 2018. Dia bergabung Petronas Yamaha yang menjalani debut di musim 2019 bersama rider Prancis Fabio Quartararo, yang musim depan akan bersama Yamaha Movistar.

Tahun lalu Morbidelli mengamankan empat posisi start dari baris terdepan dan tujuh kali finis di peringkat enam besar bersama tim satelit Yamaha yang berhasil merebut gelar tim independen terbaik di tahun itu. Morbidelli finis peringkat ke-10 setelah mengumpulkan 115 poin.

"Kami senang mengonfirmasi jika Franky akan terus bersama kami tahun depan. Dia adalah pebalap yang sangat bertalenta dan aset yang luar biasa bagi tim di saat kami membangun musim rookie kami," kata bos tim Petronas SRT Razlan Razali di laman resmi tim. *ant

Komentar