nusabali

Dermaga II Dioperasikan, Antrean Masih Panjang

  • www.nusabali.com-dermaga-ii-dioperasikan-antrean-masih-panjang

AMLAPURA, NusaBali
Dermaga II Pelabuhan Padangbai di Banjar Melanting, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem, mulai dioperasikan sejak Senin (13/7) pukul 06.00 Wita.

Namun antrean panjang di lima lokasi masih terjadi. Sebelum dioperasikan, diawali dengan ujicoba 4 kapal di dermaga II. Setelah tidak ada kendala, dermaga II langsung dioperasikan.

Tercatat dari pagi hingga sore, baru 9 kapal yang bongkar muat di Dermaga II. “Saya minta agar kapal-kapal besar dioperasikan di Dermaga II sehingga kemacetan segera bisa diakhiri. Kemacetan terjadi sejak Jumat (12/6),” jelas Kepala Kantor Kesyahbandaraan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Padangbai, Ni Luh Putu Eka Suyasmin. Diharapkan, dalam waktu 1-2 hari ke depan, kemacetan bisa diakhiri. Selama ini terjadi antrean panjang di lima lokasi yakni parkir pelabuhan Padangbai, Rest Area Banjar Yehmalet Desa Antiga Kelod, Kecamatan Manggis, dan tiga titik di Jalan Bypass Klungkung.

Sejak peristiwa KMP Dharma Rucitra 3 kandas di dermaga II, hanya mengoperasikan dermaga I. Rata-rata tiap truk besar antre selama 4 hari agar bisa naik kapal. Sebab setiap hari hanya mengoperasikan 8-9 kapal. Dermaga II dioperasikan lebih cepat sehari dari target sebelumnya. Luh Putu Eka Suyasmin mengungkapkan setiap hari matur piuning di Pura Segara dan Pura Silayukti agar evakuasi kapal lancar. Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Lembar, Yulianto, mengatakan awalnya target tuntas bersih-bersih, Minggu (12/7) sore. Sore itu rencananya bisa dilanjutkan mengoperasikan Dermaga II. Akhirnya secara resmi Dermaga II dioperasikan mulai Senin (13/7) pagi. Menurutnya, banyak limbah berserakan di dasar laut dermaga II berupa terpal, jagung dalam karung, pipa-pipa bisa yang lepas dari kapal, dan limbah lainnya. *k16

loading...

Komentar