nusabali

Petani Gemari Padi Hibrida Starling

  • www.nusabali.com-petani-gemari-padi-hibrida-starling

GIANYAR, NusaBali
Bibit padi jenis Hibrida Starling digemari petani di Kabupaten Gianyar.

Karena tanaman padi jenis ini memiliki kualitas sangat baik.  Kepala Dinas Pertanian Gianyar Made Raka mengatakan bahwa angka produksi dari tanaman padi jenis Hibrida Starling ini sangat tinggi. "Bisa mencapai di atas 10 ton per hektare. Beras yang dihasilkan pun memiliki kualitas yang premium," ujarnya, Senin (13/7).

Dikatakan Made Raka, padi ini nasinya memiliki rasa cukup enak dan pulen. "Tidak diragukan lagi untuk kualitasnya, makannya kita menggalakan para petani untuk menanam padi hibrida starling ini," ungkapnya.

Untuk percontohan, Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar sudah mengembangkan padi Hibrida Starling di beberapa  subak di Gianyar. "Kita sudah kembangkan di Subak Batuan Dangin Kecamatan Sukawati, kemudian di Subak Tegallampit Kecamatan Payangan," ucapnya.

Dikatakan, sudah ada beberapa petani yang akan mengembangkan padi ini secara swadaya. "Musim tanam 2020/2021 ini sudah ada beberapa petani yang akan mengembangkan secara swadaya, ini yang kita harapkan," katanya. Sesuai terget, penanaman ini akan dilakukan pada bulan Agustus 2020 ini. "Target tanam awal Agustus ini, sehingga perkiraan panen awal Desember. Ini karena umur tanaman 115 hari," jelas Made Raka. *nvi

Komentar