nusabali

Desa Medahan Siap Bangun TPS 3R

  • www.nusabali.com-desa-medahan-siap-bangun-tps-3r

GIANYAR, NusaBali
Geliat masyarakat desa di Gianyar untuk memiliki Tempat Pengelolaan Sampah (TPS) berbasis 3R (reuse, reduce, recycle), makin meningkat.

Kondisi ini menandakan masyarakat makin mendambakan lingkungan bersih dan sehat, seiring kampanye sadar lingkungan secara intens oleh jajaran Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gianyar bersama komponen peduli lingkungan.

Setelah belasan desa lain, Desa Medahan, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, kini siap membangun TPS 3R. Hal itu terungkap saat Sosialisasi Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber Dengan Prinsip 3R di Kantor Desa Medahan, Jumat(10/7). Hadir, perbekel, bendesa, kelian banjar adat/dinas, BPD, STT, PKK, dan kader jumantik. Sosialisasi dengan narasumber pegiat lingkungan Ketut Suarnaya dan Adel dari Yayasan Bumi Sasmaya, dipimpin Plt Kepala DLH Gianyar I Wayan Kujus Pawitra.

Perbekel Medahan I Wayan Buana mengatakan desanya menyiapkan lahan 12 are untuk lokasi TPS 3R. Desa telah  mengadakan paruman sebulan lalu, semua tokoh masyarakat mendukung pembangunan TPS 3R ini. Warga makin menyadari TPS sebagai tempat pengolahan sampah menjadi barang bernilai dan bermanfaat, bukan lagi tempat pembuangan saampah. Di TPS 3R, sampah organik akan diolah menjadi pupuk. Dia berterima kasih kepada jajaran DLH Gianyar yang telah menggugah kesadaran masyarakat untuk menjaga jelestarian lingkungan.

Adel dari Yayasan Bumi Sasmaya menyatakan persoalan sampah merupakan masalah klasik yang dihadapi semua daerah, bahkan semua negara, hingga menjadi ancaman serius. ‘’Permasalahan sampah ini merupakan tanggung jawab kita bersama," ujar calon Magister Lingkungan sebuah universitas di Inggris ini.

Plt Kepala DLH Gianyar I Wayan Kujus Pawitra menyampaikan apresiasi dan bersyukur karena masyarakat dan para pimpinan desa di Medahan bersemangat dalam menjaga lingkungan. Apresiasi ini juga karena masyarakat bertekad membangun managemen persampahan skala desa mandiri berbasis sumber ini. Dia salut karena desa ini makin serius menggerakkan bank sampah. ‘’Ini membuktikan masyarakat telah memiliki wawasan kelestarian lingkungan,’’ jelas Sekretaris DPRD Gianyar ini.

Dia menambahkan, desa desa di Gianyar kini semakin antusias mengelola lingkungan yang baik dan benar. Terbukti, permintaan sosialisasi tentang lingkungan hidup bersih dan sehat, serta managemen pengelolaan sampah,  makin banyak.*lsa

loading...

Komentar