nusabali

Bawaslu Badung Bangun Pojok Pengawasan Pemilu

  • www.nusabali.com-bawaslu-badung-bangun-pojok-pengawasan-pemilu

MANGUPURA, NusaBali
Tidak saja Komisi Pemilihan Umum (KPU) Badung yang menyiapkan penyelenggaraan Pilkada Badung 9 Desember 2020 mendatang.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Badung juga bersiap diri demi suksesnya penyelenggaraan Pilkada Badung 2020. Bawaslu Badung bahkan sudah menyiapkan Pojok Pengawasan Pemilu.


Pojok Pengawasan Pemilu yang disiapkan Bawaslu Badung telah diresmikan Komisioner Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar, Jumat (10/7) lalu. Rencananya Pojok Pengawasan Pemilu akan melibatkan UMKM guna 'menghidupkan' suasana Pojok Pengawasan Pemilu yang akan dibangun di tiap kecamatan.

Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat, dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Badung, IGN Bagus Cahya Sasmita, Minggu (12/7) mengatakan di Pojok Pengawasan Pemilu masyarakat bisa berkoordinasi atau menyampaikan keluhan terkait pemilu. "Dengan demikian bisa mewadahi masukan masyarakat sebagai bentuk pengawasan," katanya.

Untuk Pojok Pengawasan Pemilu di tingkat kecamatan, Bawaslu Badung memiliki ide untuk memfasilitasi UMKM setempat. Kata Bagus Cahya, melibatkan pelaku UMKM juga dalam rangka mendorong roda perekonomian masyarakat. "Mungkin kita berikan tempat untuk lima UMKM. Jika memungkinkan, tiap bulan UMKM bergiliran," paparnya.

Walau telah diresmikan, Bawaslu Badung tetap berencana menggelar launching sebagai bagian dari publikasi. Sebab pihak Bawaslu Badung harus berkoordinasi dahulu dengan instansi terkait.

Di sisi lain, Bawaslu Badung meminta pihak terkait untuk ikut melakukan pengawasan tahapan Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih atau Pencocokan dan Penelitian (Coklit) yang akan dilakukan KPU Badung dalam waktu dekat. "Sesuai jadwal tahapan coklit akan berlangsung 15 Juli–13 Agustus 2020 oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) KPU Kabupaten Badung," tandasnya. *asa

loading...

Komentar