nusabali

Tambah 6 Positif, 16 Orang Reaktif

Kasus Covid-19 di Kabupaten Karangasem

  • www.nusabali.com-tambah-6-positif-16-orang-reaktif

AMLAPURA, NusaBali
Ada penambahan 6 positif Covid-l9 di Karangasem, Sabtu (11/7). Enam kasus baru itu merupakan hasil swab pada Kamis (9/7).

Sementara di Desa Nawakerti, Kecamatan Abang, pada Sabtu kemarin juga digelar rapid test diikuti sebanyak 125 orang. Hasilnya, 16 orang dinyatakan reaktif.Satgas Koordinator Bidang Kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Karangasem I Gusti Bagus Putra Pertama, memaparkan, salah seorang dari 6 orang positif Covid-19 adalah pedagang di Desa Duda Timur, Kecamatan Selat. Perempuan umur 40 tahun asal Duda tersebut sebelumnya rapid test reaktif, setelah sempat kontak dengan guru SMA yang juga dinyatakan positif.
 
Menurut Gusti Bagus Putra Pertama, sebelumnya seorang guru SMA laki-laki umur 55 tahun, saat menjalani opname di RSUD Karangasem dites swab ternyata positif. Selanjutnya dilakukan tracing contact terhadap guru SMA tersebut. Hasil tracing, sebanyak 57 orang dirapid test, Senin (6/7). Salah satunya adalah pedagang di Desa Duda Timur tersebut. Setelah reaktif rapid test, pedagang tersebut menjalani swab, dinyatakan positif.

“Jadi yang positif itu pedagang di Desa Duda Timur, asalnya dari Desa Duda,” kata Gusti Bagus Putra Pertama.

Lima warga lainnya yang positif Covid-19 adalah perempuan umur 38 tahun dari Desa Nongan (Kecamatan Rendang), perempuan umur 29 tahun dari Desa Bugbug (Kecamatan Karangasem), laki-laki umur 50 tahun dari Desa Pertima (Kecamatan Karangasem), laki-laki umur 32 tahun dari Desa Pertima (Kecamatan Karangasem), dan perempuan umur 20 tahun dari Desa Talibeng, Kecamatan Sidemen. “Jadi dari enam kasus baru itu, lima OTG (orang tanpa gejala) dan 1 ODP (orang dalam pemantauan),” imbuh Gusti Bagus Putra Pertama.

Sementara di hari yang sama, Sabtu kemarin digelar rapid test di Desa Nawakerti, Kecamatan Abang, diikuti sebanyak 125 orang. Hasilnya, 16 orang dinyatakan reaktif. Kemarin juga dilaksanakan swab polymerase chain reaction (PCR) terhadap 23 orang.

Sehingga kini di Karangasem terakumulasi 122 orang positif virus corona, sebanyak 78 orang telah sembuh, sebanyak 44 masih menjalani perawatan. Dari 44 pasien yang masih menjalani perawatan itu, 14 orang dari Kecamatan Abang, 14 orang dari Kecamatan Karangasem, 7 orang dari Kecamatan Sidemen, 4 orang dari Kecamatan Manggis, 2 orang dari Kecamatan Bebandem, 2 orang dari Kecamatan Selat, dan 2 orang dari Kecamatan Rendang. Pasien ini berasal dari 19 desa.

Secara akumulatif di Karangasem sebanyak 82 persen positif Covid-19 adalah transmisi lokal, sebanyak 18 persen adalah PPLN (pelaku perjalanan luar negeri). *k16

loading...

Komentar