nusabali

KNPI Beri Masukan Ranperda Kepemudaan

  • www.nusabali.com-knpi-beri-masukan-ranperda-kepemudaan

SEMARAPURA, NusaBali
Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapermperda) menggelar rapat koordinasi dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Klungkung, di gedung DPRD Klungkung, Jumat (10/7) pagi.

Rapat untuk membahas rancangan peraturan daerah (Ranperda) Kepemudaan. Rapat dipimpin Ketua DPRD Klungkung Anak Agung Gde Anom, dihadiri Ketua Bapemperda DPRD Klungkung I Gde Artison Adarawata, anggota Bapemperda, dan pengurus beserta anggota KNPI Klungkung.

Ranperda Klungkung tentang kepemudaan ini dibentuk sesuai kewenangan Pemkab. Dalam hal ini wajib melaksanakan pasal 22 ayat (2) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan, serta mengakomodir kebutuhan daerah, yang telah tertuang dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Klungkung. Hal ini juga sejalan dengan amanat pasal 12 ayat (2) Undang- Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

Ketua Bapemperda I Gde Artison Adarawata alias Sony mengatakan, KNPI merupakan organisasi kepemudaan yang tertua di Indonesia dan sudah bersifat nasional, disetiap daerah, provinsi ada semua organisasi ini. "Jadi dipandang perlu masukannya agar semua hal-hal yang diinginkan oleh pemuda bisa terakomodir dalam Perda nantinya," ujar Sony.

Ketua KNPI Anak Agung Gde Indra Utama mengatakan KNPI mengusulkan pasal penguatan peran organisasi kepemudaan secara murni dalam Ranperda ini dan pengembangan wawasan kebangsaan dalam Ranperda yang dirancang. Pengembangan wawasan kebangsaan dipandang perlu untuk menumbuhkan cinta tanah air pemuda. Sehingga memiliki rasa cinta tanah air dan menjadikan pemuda yang nasionalisme serta tidak terpapar radikalisme. "KNPI yang merupakan rumah besar seluruh elemen kepemudaan dan sebagai induk tertua tidak ingin organisasi kepemudaan di Klungkung nantinya terkotak-kotakkan," ujarnya.

Jelas Indra Utama, KNPI sebagai forum komunikasi dan penyalur aspirasi pemuda yang bersifat terbuka dan independen sehingga sangat tepat menjadi pilar penyeimbang dan mitra kritis pemerintah. Pemuda juga harus mempunyai idealisme. "Jadi disaat pemuda dipanggil oleh daerah dan negaranya berhak memperjuangkan itu dan mengabaikan kepentingan pribadinya," ujarnya.

Ketua DPRD Klungkung Anak Agung Gde Anom menyampaikan agar anggota KNPI  bersikap netral pada setiap partai politik dan yang ada harus bersikap personal di dalam organisasi itu sendiri. Organisasi ini bisa berkembang karena ketaatan dan kedisiplinan dari anggota dalam organisasi itu sendiri. "Apa yang menjadi semua masukan pada rapat koordinasi kali ini akan kami tampung sebagai bahan pembahasan, untuk di bahas di Bapemperda dan akan kami godok agar bisa menjadi keputusan bersama nantinya," ujarnya. *wan

loading...

Komentar