nusabali

Latihan Atletik Dipisah

Katagori Lari di Ngurah Rai, Lompat di Mengwi

  • www.nusabali.com-latihan-atletik-dipisah

Selain mengurangi atlet agar tidak numplek jadi satu, pemisahan latihan itu sesuai karakternya juga lebih efektif dalam latihan.

DENPASAR, NusaBali
Pengprov Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Bali mempunyai cara jitu agar atletnya tetap menjalani latihan bersama saat Pandemi Covid-19. Yakni, memisahkan atletnya latihan sesuai kategori.

Misalnya, untuk nomor lompat jauh dan lompat jangkit, serta lompat tinggi latihan tersendiri di Lapangan Mengwi Badung.

Sedangkan atlet lainnya, yang kebanyakan di nomor lari latihan terpisah di Stadion Ngurah Rai. Selain mengurangi atlet agar tidak numplek jadi satu, pemisahan latihan itu sesuai karakternya juga lebih efektif dalam latihan. Jadinya, latihan delapan atlet peraih tiket PON Papua XX/2021 tidak terpusat di satu tempat.

"Kami sengaja menyediakan dua tempat untuk latihan. Ini sangat efektif untuk menghindari kerumuman. Dan, atlet kami memang jumlahnya terbatas. Dan, setelah dipisah menjadi dua jelas tambah sedikit lagi saat latihan ditempat umum," ungkap Ketua Umum Pengprov PASI Bali, IB Diptha, Jumat (10/7).

Menurut IB Dipta, atlet yang menjalani latihan di Lapangan Mengwi yakni  Maria Natalia Londa untuk kategori lompat jauh dan lompat jangkit. Kemudian Made Eppi Wilantika untuk lompat tinggi, Ni Luh Mita Yuni di lompat jangkit, dan I Gede Antara di lompat tinggi.

Sedangkan lainnya, seperti Dewa Ayu Agung Kurniayanti di nomor lari 200 dan 400 meter, Ni Ketut Cita lari 800 meter, Ni Nyoman Kerni di individual lari 200 meter serta Dewa Made Mudiasa lari 100 dan 200 meter melakukan latihan di Stadion Ngurah Rai Denpasar.

Pembagian dua kelompok sesuai katagori itu banyak manfaatnya. Selain sangat efektif, pelatihnya juga lebih gampang memberikan instruksi. Juga dapat menimalisir jumlah yang hadir. Sebab, protokol kesehatan tetap diterapkan dalam kondisi Pandemi Covid-19.

"Ini kan karakternya berbeda. Makanya kami sengaja pisah," tegas IB Dipta.  Latihan di Lapangan Mengwi Badung akan didampingi pelatih Ketut Pageh, sedangkan di Stadion Ngurah Rai Denpasar didampingi pelatih Nyoman Suteja.

"Yang jelas saat ini kami menyesuaikan program dulu. Sesuai jadwal PON 2021. Diawal penekanannya selalu fisik agar mantap dulu," kata IB Dipta.

Mengacu hasil Pra PON, tim atletik Bali meraih dua emas, yakni atas nama Maria Natalia Londa. Sedangkan potensi lainnya tetap terbuka untuk PON Papua nanti. Namun dengan catatan kemampuan terus ditingkatkan sejak sekarang. *dek

loading...

Komentar