nusabali

STIKI Indonesia Latih Guru Siapkan Pembelajaran Daring

  • www.nusabali.com-stiki-indonesia-latih-guru-siapkan-pembelajaran-daring

DENPASAR, NusaBali
Kebijakan learn from home akibat pandemik Covid-19 mengakibatkan proses pembelajaran dilakukan secara daring.

Salah satu tantangan yang dihadapi dalam proses pembelajaran ini adalah bagaimana cara agar penyampaian materi dapat dilakukan secara menarik. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah pembelajaran dengan menggunakan media video pembelajaran.

Agar guru-guru dapat menyiapkan video pembelajaran, 17 dosen STMIK STIKOM Indonesia, bekerja sama dengan Komunitas Guru Belajar, melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam bentuk pelatihan pembuatan video pembelajaran dengan menggunakan tools sederhana.

BACA JUGA: 'Work for Humanity' , Dosen STIKI Bangun Bilik Antiseptik di Tengah Situasi Pandemi


Aplikasi yang digunakan terdiri dari Microsoft Power Point 2016, Xbox Game Bar, Format Factory, dan Bandicam. Pelatihan ini diikuti oleh 30 orang guru, baik dari tingkat TK hingga SMK maupun dari lembaga pendidikan non formal.

Kegiatan yang dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi Ms. Team ini terdiri dari kegiatan pelatihan dan pembuatan video pembelajaran. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 29, 30 Mei dan 5,6 Juni 2020. Pembuatan video pembelajaran oleh guru-guru peserta pelatihan dilaksanakan selama 1 minggu dari tanggal 6-12 Juni 2020.

Komang Sudiana, ketua Komunitas Guru Belajar (KGB) Denpasar, mengemukakan pandemi COVID-19 merupakan tantangan bagi pendidik untuk berkolaborasi dan berinovasi. Untuk itu, beliau mengapresiasi dosen-dosen STIKI yang telah membantu menguatkan para guru untuk menghadapi pandemi COVID-19. *

loading...

Komentar